TELAAH MATERI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SEMESTER GENAP (KTSP DAN KURIKULUM
2013)
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Telaah PAI III (SMA)
Dosen Pengampu: Sukarman, M.Pd.I.
Disusun oleh:
1.
Muhammad
Roib (141310003097)
2.
Amin
Rikayanti (141310003028)
3.
Choirin
Widadiyah (141310003147)
4.
Nikmatul
Ulya (141310003159)
UNIVERSITAS ISLAM NAHDHLATUL ULAMA’ ( UNISNU ) JEPARA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU
KEGURUAN
Jl. Taman Siswa (pekeng) No. 09 Tahunan Jepara. Telp/Fax (0291)593132
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
membeikan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat meyelesaikan makalah
yang berjudul “Telaah Materi
Pendidikan Agama Islam Kelas XI Semester Genap (KTSP dan Kurikulum 2013)”
dengan baik.
Adapun maksud penyusunan makalah ini untuk
memenuhi tugas mata kuliah Telaah
PAI III (SMA). Selain itu kami berharap semoga makalah
ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam peninjauan materi PAI.
Kami menyadari banyak sekali kekurangan
dalam penulisan makalah ini, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun demi perbaikan di masa mendatang.
Jepara,
03 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang .......................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah ..................................................................................... 2
C.
Tujuan Makalah.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
SK
KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap KTSP................................. 3
B.
Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI KTSP........................................... 5
C.
KI
KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013................. 6
D.
Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI Kurikulum 2013.......................... 9
BAB III ANALISIS
A.
Analisa
Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap KTSP.................... 10
B.
Analisa
Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013... 16
BAB IV PENUTUP
A.
Simpulan.................................................................................................... 22
B.
Saran.......................................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 24
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan
Agama Islam (PAI) adalah pelajaran yang memuat pembahasan yang berkaitan dengan
agama, dengan harapan setelah memepelajari
agama ini, tidak hanya paham
dengan materi yang di sampaikan akan tetapi mampu juga mengamalkan dalam
kehidupan sehari-hari, serta dapat mendekatkan diri pada yang Maha pencipta,
memiliki akhlak yang mulia dalam bergaul, dengan sahabat, orang tua, dan
negaranya.
Pendidikan
Agama Islam di SMA salah satunya bertujuan untuk mewujudkan manusia yang taat
beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, toleransi, menjaga keharmonisan
secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas
sekolah.
Dalam upaya pemenuhan tujuan tersebut, selain
buku ajar juga terdapat kurikulum sebagai pedoman. Saat ini ada dua kurikulum
yang dipakai dalam proses pembelajaran, yaitu KTSP dan Kurikulum 2013. Untuk
kurikulum KTSP adalah Kurikulum lama pada tahun 2006, sedang untuk Kurikulum
2013 adalah kurikulum baru yang dicanangkan pada tahun 2013 dan ada beberapa
sekolah yang telah menggunakan kurikulum ini.
Jika dalam kurikulum KTSP mengkunakan standar
kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD), maka tidak dengan Kurikulum 2013 yang
menggunakan kompetensi inti (KI) sebagai acuan dalam mengembangkan tingkat
kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dipenuhi peserta
didik.
Karena ada dua
kurikulum yang dipakai saat ini dalam dunia pendidikan Indonesia, penulis bermaksud
menelaah tentang kedua materi dengan kedua kurikulum tersebut. Sehingga dapat
menjadi salah satu referensi untuk menentukan kelebihan maupun kekurangan yang
ada pada buku ajar dengan produk kedua kurikulum tersebut.
B.
Rumusan masalah
Untuk membatasi masalah agar lebih terpusat pada pokok persoalan sesuai
dengan judul diatas, maka dalam makalah ini pemakalah menguraikan beberapa
permasalahan yaitu:
1.
Bagaimana SK KD PAI SMA kelas XI semester genap KTSP dan Kurikulum 2013?
2.
Bagaimana
klasifikasi pokok dan sub bahasan PAI
kelas XI KTSP dan Kurikulum 2013?
3.
Bagaimana analisa
telaah materi PAI kelas XI semester genap KTSP?
4.
Bagaimana analisa
telaah materi PAI kelas XI semester genap Kurikulum 2013?
C. Tujuan Makalah
Berdasarkan pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan
yang ingin
dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui SK KD PAI SMA kelas XI semester genap KTSP dan Kurikulum 2013
2.
Untuk
mengetahui klasifikasi pokok dan sub
bahasan PAI kelas XI KTSP dan Kurikulum 2013
3.
Untu mengetahui hasil analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap KTSP
4.
Untu mengetahui hasil analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap Kurikulum 2013
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.
SK
KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap KTSP
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS.
al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
|
7.3
|
Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab
Allah
|
8.1
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
8.2
|
Menerapkan
hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
|
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan
contoh perilaku menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan
perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan
pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan
contoh perbuatan dosa besar
|
|
10.3
|
Menghindari
perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
|
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang
pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan
tatacara pengurusan jenazah
|
11.2
|
Memperagakan
tatacara pengurusan jenazah
|
|
|
|
|
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan
pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.2
|
Menjelaskan
tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
|
|
12.3
|
Memperagakan
khutbah, tabliqh dan dakwah
|
|
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang)
|
13.1
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada masa modern
|
13.2
|
Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
|
2. Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI KTSP
a) Perintah menjaga kelestarian lingkungan
hidup
1) Surah ar-rum ayat 41-42
2) Surah al-a’raf ayat 56-58
3) Surah sad ayat 27-28
b) Beriman kepada kitab-kitab allah
1) Fungsi iman kepada kitab-kitab allah
2) Hikmah beriman kepada kitab-kitab allah
3) Perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap kitab-kitab allah
c) Menghargai karya orang lain
1) Pengertian menghargai karya orang lain
2) Perilaku menghargai karya orang lain
d) Dosa-dosa besar
1) Pengertian dosa besar
2) Contoh-contoh perbuatan dosa besar
3) Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan seharihari
e) Pengurusan jenazah
1) Memandikan
2) Mengafani
3) Menyalatkan
4) Menguburkan
f) Khotbah, tablig dan dakwah
1) Khotbah
2) Tablig dan dakwah
3) Tata cara khotbah, tablig, dan dakwah
4) Praktik khotbah, tablig, dan dakwah
g) Perkembangan islam pada masa modern
1) Tokoh pembaharu pemikiran islam pada masa
modern
2) Hikmah dari perkembangan islam pada masa
modern
3.
KI
KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran yang di anutnya.
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada kitab-
kitab Allah Swt.
1.2 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada rosul-rosul Allah Swt.
1.3 Berperilaku
taat kepada aturan.
1.4 Menerapkan
ketentuan syariat islam dalam penyelenggaraan jenazah.
1.5 Menerapkan
ketentuan syariat islam dalam melaksanakan khotbah, tablig, dan dakwah di
masyarakat.
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, di siplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Meunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman QS. At- Taubah (9): 119 dan hadist terkait.
2.2
Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17) : 23-24 dan hadis yang
terkait.
2.3
Menunjukkan
perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S Al-Ma’idah (5):48; Q.S Az-Zumar (39):39; dan Qs. At Taubah (9):105 serta hadis terkait.
2.4
Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan. Sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Yunus (10):40-41 dan Q.S
Al-Ma’idah (5):32, serta hadis terkait.
2.5
Menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan
kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam.
2.6
Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai
implementasi dan sejarah peradaban Islam di era modern.
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedurual, dan metakognitif,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 menganalisis QS. Al-Maidah (5) :48;QS.
Az-Zumar (39) dan Q.S At-Taubah (9):105, serta hadis tentang taat, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2 Menganalisis QS. Yunus (10) 40-41 dan QS.
Al-Ma’idah (5) :32, serta hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan.
3.3 Memahami makna imam kepada kitab-kitab
Allah Swt.
3.4 Memahami makna iman kepada rasul-rasul
Allah Swt.
3.5 Memahami makna taat kepada aturan,
kompetensi dalam kebaikan, dan bekerja keras.
3.6 Memahami makna toleransi dan kerukunan
3.7 Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan
dalam kehidupan.
3.8 Menelaah prinsip-prinsip dan praktek
ekonomi dalam islam.
3.9 Memahami pelaksanaan tata cara
penyelenggaraan jenazah
3.10
Memahami pelaksanaan khotbah, tabligh, dan dakwah.
3.11
Menelaah perkembangan Islam pada masa moern (1800-sekarang)
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari-nya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 membaca QS. An-Nisa’ (4):59; QS.
Al-Ma’idah (5) : 48;Qs. At.Taubah (9):105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. An-Nisa’
(4):59 ; QS. Al-Ma’idah (5):48; QS. At-taubah (9):105 dengan lancar.
4.3 Membaca Qs. Yunus (10):40-41 dan
QS.Al-Maidah (05) 32dengan lancar.
4.4 Mendemontrasikan hafalan QS. Yunus
(10):40-41 dan QS. Al-Ma’idah (5);32 dengan lancar
4.5 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.7 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
4.8 Menampilkan contoh perilaku toleransi dan
kerukunan.
4.9 Mendiskripsikan bahaya tindak kekerasan
dalam kehidupan.
4.10 Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi
Islam.
4.11 Memeragakan tata cara penyelenggaraan
jenazah.
4.12 Mempraktekkan kohotbah. Tablig, dan
dakwah.
4.13 Mendiskripsikan perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan.
4.14 Mendiskripsikan perkembangan Islam pada
masa modern (1800-sekarang)
|
4.
Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI Kurikulum 2013
a. Al-Qur’an Hadis tentang Toleransi dan
Menghindarkan Diri dari Tindak
kekerasan.
-
Menganalisis QS. Yunus (10) Ayat 40-41 dan QS. Al-ma’idah (5) Ayat 3.
-
Membaca dan menghafal QS.Yunus (10) Ayat 40-41 dan QS. Al-ma’idah (5)
Ayat 32
-
Hadis tentang Toleransi dan menghindarkan Diri dari tindak kekerasan.
b. Iman kepada para Rasul
-
Iman kepada para Rasul.
-
Ciri-ciri beriman kepada para Rasul.
-
Kewajiban Meneladani para rasul.
-
Kewajiban seorang mukmin kepada Nabi Muhammad SAW.
-
Hikmah beriman kepada para Rasul.
c. Toleransi dan kerukunan.
-
Toleransi
-
Kerukunan
d. Sistem ekonomi Islam
-
prinsip-prinsip ekonomi Islam.
-
Praktik ekonomi Islam.
-
Lembaga ekonomi Islam.
e. Dakwah, Tablig, dan khotbah
-
Dakwah
-
Tablig
-
Khotbah
-
Melaksanakan Dakwah
-
Menyusun Naskah Khotbah
f. Perkembangan Islam Abad Modern.
-
Tokoh modernisasi Islam
-
Gerakan modernisasi islam di Indonesia
BAB III
ANALISIS
A. Analisa
Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap KTSP
1. Analisa
Telaah BAB VII: Perintah Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup
Pada
BAB VII membahas materi tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
dengan SK KD yang menyebutkan bahwa peserta didik harus memiliki kompetensi membaca
dan menjelaskan QS. Al Rum: 41-42, QS. Al-A’raf: 56-58, QS. Ash Shad: 27, serta
disebutkan juga untuk membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Pada buku materi sudah memuat tentang kompetensi-kompetensi tersebut, akan
tetapi ada materi tambahan yaitu pada QS. Ash Shad ayat 28 dan ayat tersebut
terdapat saling kesesuaian dengan ayatsebelumnya, sehingga menurut penulis
tidak masalah untuk adanya materi tambahan tersebut.
Pada
materi ini menurut penulis dapat menggunakan metode ceramah dimana pendidik
mentransformasikan pengetahuan kepada peserta didik secara lisan sebagai
pengantar pembuka pembelajaran. Untuk selanjutnya bisa menggunakan metode
hafalan, agar peserta didik dapat mengingat ayat-ayat yang mendasari perintah
menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Materi
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup menurut kami sangan kontekstual
atau sesuai dengan kondisi saat ini, karena lingkungan hidup yang tidak lagi
seimbang ini perlu untuk dilindungi. Dengan adanya materi perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup ini siswa dapat menjalankan perintah yang
diamanatkan kepada manusia untukmelakukan usaha agar alam semesta dan segala
isinya tetap lestari.
Dalam
maeri ini ada beberapa aspek yang sudah terpenuhi, yakni:
a) Ranah
Kognitif, dimana didalam buku materi sudah menyebutkan penjelasan tentan
surat-surat yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
b) Ranah
Psikomotorik, dimana didalam buku materi juga disebutkan dengan cara membaca
lafadz-lafadz tersebut juga disertai hukum bacaannya sehingga dapat membantu
melancarkan bacaan siswa.
c) Ranah
Afektif, dalam buku ini sudah menyebutkan bagaimana sikap untuk menjaga agar
lingkungan hidup ini tetap lestari.
2.
Analisa Telaah BAB
VIII: Beriman kepada kitab-kitab allah
Pada pembahasan tentang beriman kepada kitab-kitab
Allah di sebutkan dalam SK KD bahwa siswa harus dapat menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah dan menerapkan hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah. Didalam buku ajar suah menampilkan materi tentang
prilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah dan juga hikmah
dari beriman kepada kitab-kitab allah.
Menurut penulis dalam pembelajaran materi ini sebaiknya
menggunakan metode ceramah dan metode suri tauladan dimana pendidik bisa
menjadi contoh atau figur yang baik bagi peserta didik.
Materi beriman kepada kitab-kitab Allah ini sangat
kontekstual atau sesuai dengan kebutuhan siswa SMA yang tengah mengalami masa
pertumbuhan, masa pencarian jati diri oleh karenanya dengan materi ini siswa
bisa memperoleh pedoman hidup dan tahu pentingnya untuk beriman kepada
kitab-kitab Allah.
Dalam materi ini sudah memuat tentang aspek-aspek,
diantaranya:
a)
kognitif , didalam buku ajar sudah menyebutkan pengertian, kitab-kitab
yang Allah turunkan dibumi dan fungsi iman kepada Allah pada pengantar BAB.
b)
Psikomtorik, buku materi sudah menyabutkan bagaimana cara berperilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah.
c)
Afektif, dalam buku materi disebutkan tentang hikmah briman kepada
kitab-kitab allah sehingga siswa dapat menegerti pentingnya bersikap mengimani
kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Analisa Telaah BAB IX: Menghargai karya orang lain
Pada pembahasan tentang menghargai karya orang lain
disebutkan dalam SK KD bahwa siswa harus memiliki kompetensi menjelaskan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain, menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain dan membiasakan perilaku menghargai karya orang
lain dalam kehidupan sehari-hari. Didalam buku materi sudah memuat
kompetensi-kompetensi yang telah disebutkan.
Materi ini menurut kami dapat menggunakan metode brain storming dimana pendidik terlebih
dahulu memberikan pengarahan lalu menampilkan sebuah karya lalu peserta didik
dapat mencurahkan gagasan tentang karya tesebut.
Materi menghargai karya orang lain ini menurut
penulis sesuai dengan perkembangan siswa SMA agar dapat memberikan apresiasi
terhadap karya orang lain sehingga dapat mendorong untuk berinovasi dan
berkarya.
Pada bab ini tentang menghargai karya orang lain,
ketiga aspek sudah terpenuhi dalam buku materi. Baik Konitif, Psikomotorik
mapun Afektif. Untuk aspek afektif sendiri ditampilkan dengan sangat sederhana
dengan sebuah cerita.
4.
Analisa Telaah BAB X: Dosa-dosa besar
Didalam SK KD disebutkan bahwa siswa harus memiliki
kompetensi untuk mampu menjelaskan pengertian dosa besar, menyebutkan contoh
perbuatan dosa besar dan mampu menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan
sehari-hari. Dalam buku ajar sudah memuat tentang pengertian dosa besar, contoh
perbuatan dosa besar, dan menghindari perbuatan dosa besar. Antara buku ajar
dengan SK KD telah sesuai.
Menurut penulis materi ini sebaiknya menggunakan
metode ceramah dan drama dimana pendidik memberikan pengarahan tentang drama
yang akan ditampilkan, agar peserta didik lebih memahami apa yang sedang
diperankan dan agar tidak melenceng dari materi.
Materi dosa-dosa besar menurut penulis sangat sesuai
dengan kebutuhan siswa SMA, mengingat bahwa siswa sedang mengalami proses
pencarian jati diri yang suka dengan hal-hal yang baru, dengan materi ini siswa
dapat mengerti dan menghindari perbuatan yang tergolong dalam perbuatan dosa
besar itu.
Dalam materi ini sudah mencakup ketiga aspek, yaitu
aspek kognitif yang sudah menjelaskan tentang pengertian dosa besar. Aspek
psikomotorik yang menampilkan contoh-contoh dari perbuatan dosa besar dan sikap
untuk menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari yang
termasuk dalam aspek Afektif.
5.
Analisa Telaah BAB XI: Pengurusan jenazah
Didalam SK KD disebutkan bahwa peserta didik harus
memenuhi kompetensi:
a)
Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah
b)
Memperagakan tata cara pengurusan jenazah
Dalam buku materi sudah memuat tentang tata cara kepengurusan jenazah
dari memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan. Materi ajar sudah
sesuai dengan kompetensi yang ada.
Menurut penulis materi pengurusan jenazah sebaiknya menggunakan metode
praktik agar setiap peserta didik dapat memahami dan tahu tentang praktik
pengurusan jenazah.
Materi kepengurusan jenazah sangat kontkstual dan sesuai dengan kebutuhan
siswa SMA yang notabennya sudah akil baligh dan sudah memiliki kewajiban untuk
terlibat dalam kepenguusan jenazah.
Materi kepengurusan jenazah sudah mencakup beberapa aspek yaitu:
a)
Aspek Kognitif, buku materi sudah memuat tentang tata cara kepengurusan
jenazah dari memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan.
b)
Aspek Psikomotorik, pada buku materi terdapat cara kepengurusan jenazah
untuk dipraktekkan oleh siswa.
6.
Analisa Telaah BAB XII: Khotbah, tabligh dan dakwah
Didalam SK KD disebutkan bahwa siswa harus memiliki
kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a)
Menjelaskan pemgertian khutbah, tabligh dan dakwah
b)
Menjelaskan tata cara khutbah, tabligh dan dakwah
c)
Memperagakan khutbah, tabligh dan dakwah
Pada buku materi sudah memuat tentang pengertian, tata cara
ketentuan-ketentuan yang ada didalam khutbah, tabligh dan dakwah. Didalam buku
materi juga terdapat materi untuk mempraktikan khutbah, tabligh dan dakwah.
Pada materi khotbah, tabligh dan dakwah dapat menggunakan metode ceramah
dan resource visitor atau manusia
sumber dimana pendidik mendatangkan orang yang memiliki keahlian dibidang
tersebut untuk memberikan pelajaran kepada siswa.
Khotbah, tabligh dan dakwah menurut kami sangat kontekstual atau sesuai
dengan kondisi siswa SMA yang notabennya sudah baligh yang juga memiliki
kewajiban untuk mendakwahkan Islam, baik untuk dirinya sendiri, keluarga,
maupun masyarakat luas.
Materi khotbah, tabligh dan dakwah ini sudah memuat beberapa aspek yaitu:
a)
Kognitif, buku materi sudah menyebutkan tentang pengertian khotbah,
tabligh dan dakwah termasuk ketentuan-ketentuan yang ada didalamnya dari ruku,
sunnah, fungsi dan bahasa yag digunakan dalam khutbah tugas dan bekal yang
harus dimiliki oleh seorang Da’i.
b)
Psikomotorik, buku materi sudah menjelaskan tentang tata cara khutbah,
tabligh dan dakwah.
c)
Afektif, pada buku materi teah memuat tentang bagaimana cara mempraktikan
khotbah, tabligh dan dakwah.
7.
Analisa Telaah BAB XIII: Perkembangan islam pada masa modern
Telah disebutkan dalam SK KD bahwa peserta didik
harus memenuhi kompetensi untuk:
a)
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
b)
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan islam pada masa modern
Pada buku bahan ajar sudah terdapat penjelasan mengenai perkembangan
islam masa mdern dan contoh peristiwa perkembangan islam pada masa modern di
bagian materi pengantar dan juga disebutkan di sub pokok bahasan tentang
tokoh-tokoh pembaharu pemikiran islam pada masa modern. Pada bab ini juga ada
materi tambahan tentang hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.
Sebaiknya materi perkembangan islam pada masa modern ini disampaikan
dengan metode kisah karena materi ini berkaitan dengan kejadian yang telah
lalu. Pendidik dapat menceritakan materi sejarah atau sebaliknya peserta didik
dapat mengemas sejarah dalam bentuk sebuah cerita sehingga kreatifitas siswa
lebih terasah.
Adapun materi perkembangan islam pada masa modern ini sesuai dengan
kebutuhan siswa SMA akan keberadaan sejarah. Sejarah bahwa Islam pernah bangkit
dari ketidak berdayaannya, sehingga siswa dapat mengambil hikmah atau pelajaran
dari materi sejarah tersebut.
Perkembangan islam masa modern telah mencakup beberapa aspek diantaranya:
a)
Kognitif, buku materi telah menjelaskan tentang perkembangan islam pada
masa modern dengan tokoh-tokohnya.
b)
Afektif, buku materi telah menyajikan tentang makna dari belajar sejarah
yaitu tentang hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.
B. Analisa
Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013
1. Analisa
Telaah BAB VII: Al-qur’an dan Hadist tentang Toleransi dan Menghindarkan Diri
dari Tindak Kekerasan.
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Menunjukan
sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi dari pemahaman QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32,
serta hadits terkait.
b. Menganalisis
QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32, serta hadist tentang toleransi
dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
c. Membaca
QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
Dalam
buku materi telah memuat tentang
Pada
buku bahan ajar sudah sesuai dengan kompetensi yang ada karena pada buku bahan
ajar telah memuat materi tentang ayat Al-Qur’an maupun hadist tentang toleransi
dan menghindari diri dari tindak kekerasan, serta juga terdapat materi tentang
ilmu tajwid yang dapat memperlancar kefasihan peserta didik dalam membaca,
menghafal maupun memahami ayat dan hadist tersebut.
Materi
ini menurut penulis pendidik dapat menggunakan metode ceramah sebagai pengantar
atau pembuka materi, lalu bisa dilanjutkan dengan metode tanya jawab untuk
mngetes daya tangkap siswa tentang materi yang telah disampaikan dan dapat juga
menggunakan metode hafalan untuk memperkuat dasar tentang toleransi dan dapat
menghindari tindak kekerasan.
Adapun
materi Al-Qura’an dan hadist tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan ini sangat sesuai dengan keadaan siswa siswa SMA yang rentan
perkelahian dan kekerasan sehingga materi ini bisa menjadi salah satu pengingat
untuk menghindari kekerasan dan menjaga toleransi.
Pada
bab ini beberapa aspek sudah terpenuhi, yaitu pada ranah kognitif pada
penganalisisan suarat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan menghidari dari
tindak kekerasaan.ranah psikomotorik ditunjukan sangat baik dengan bantuan
pemfasihan bacaan peserta didik dengan ilmu-ilmu tajwid yang terdapat pada buku
bahan ajar. Serta pada ranah afektif telah ditunjukan pada rubik tokoh yang
bisa menjadi contoh bagi peserta didik untuk mengambil sikap.
2. Analisa
Telaah BAB VIII: Iman kepada Para Rasul
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah SWT.
b. Memahami
makna iman kepada rasul-rasul Allah SWT.
c. Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah SWT.
Pada buku bahan ajar
sudah memuat materi tentang kompetensi-kompetensi yang ada.
Penyampaian materi
tentang iman kepada para rasul menurut penulis dapat menggunakan metode ceramah
dan tanya jawab agar siswa dapat mengingat materi yang telah disampaikan.
Materi iman kepada para
rasul menurut pandangan penulis sesuai apabila disampaikan pada siswa SMA untuk
memperkuat akidah dengan menambah keimanan kepada rasul-rasul Allah dengan cara
yang benar dan membukikan keimanan tersebut dengan aksi nyata.
Adapun materi iman
kepada para rasul telah mencakup beberapa aspek, diantaranya aspek kognitif
dengan menampilkan materi tentang makna iman kepada para rasul, aspek
psikomotorik dapat dilihat dengan uaya-upaya untuk menghormati Nabi Muhammad
SAW, dan aspek yang terahir yaitu aspek afektif dengan dukungan dari hikmah
beriman kepada para rasul.
3. Analisa
Telaah BAB IX: Toleransi dan Kerukunan.
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Memahami makna toleransi dan kerukunan
b. Menampilkan
contoh perilaku toleransi dan kerukunan
Dalam buku materi sudah
memuat tentang pengertian toleransi dan kerukunan serta bagaimana contoh
perilaku toleransi dan kerukunan. Pada buku ajar juga terdapat materi-materi
yang mendukung pembahasan yaitu tentang konsep toleransi dalam islam dan
nilai-nilai serta hikmah toleransi dan kerukunan.
Toleransi dan kerukunan
dalam proses pembelajaran menurut penulis dapat menggunakan metode diskusi
dimana peserta didik dapat saling mencurahkan gagasan masing-masing tentang
bagaimana sikap toleransi dan menjaga kerukunan dengan panduan guru.
Materi ini menurut
penulis sesuai dengan siswa SMA yang sudah meluas pergaulannya dan mulai
berkegiatan dengan banyak orang, sehingga materi ini dapat mengingatkan siswa
untuk pentingnya bertoleransi dan menjaga kerukunan.
Pada bab toleransi dan
kerukunan sudah memuat beberapa aspek yaitu, aspek kognitif dimana buku ajar
sudah menampilkan tentang definisi dan konsep toleransi serta kerukunan. Pada
aspek psikomotorik telah ditunjukkan dengan cara untuk mebiasakan sikap
bertoleran dan kerukunan. Dan aspek Afektif, buku bahan ajar sudah menyebutkan
sikap-sikap dan pembiasaan untuk toleransi dan kerukunan.
4. Analisa
Telaah BAB X: Sistem Ekonomi Islam
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
b. Mempresentasikan
praktik-praktik ekonomi Islam.
Pada
buku bahan ajar telah sesuai dengan kompetensi yang ada karena telah
disampaikan tentang prinsip-prinsip dan bagaimana praktik dalam ekonomi islam
serta dalam materi juga disajikan hadis maupun firman Allah yang memperkuat
materi tersebut.
Sistem
ekonomi islam menurut penulis materi ini dapat disampaikan menggunakan metode
ceramah untuk memberi wawasan siswa tentang materi apa yang akan dipelajari,
kemudian bisa dilanjutkan dengan metode praktik sehingga siswa dapat
benar-benar mempraktikkan materi yang telah disampaikan.
Materi
sistem ekonomi islam, menurut penulis sesuai dengan kebutuhan pengetahuan siswa
tentang sistem ekonomi islam berjalan karena dewasa ini para pelajar termasuk
siswa usia SMA sudah mulai kreatif untuk membangun bisnis kecil-kecilan untuk
sekedar tambahan uang saku atau untuk tambahan biaya sekolah, dengan materi ini
siswa mampu menjalankan kretifitas berbisnis yang masih berada dalam koridor
agama.
Adapun
materi sistem ekonomi islam sudah memuat beberapa aspek, yaitu aspek kognitif
sudah ditampilkan dengan materi prinsip-prinsip ekonomi islam. Pada aspek
psikomotorik sudah ditunjukan dengan bagaimana pemraktikan ekonomi islam serta
lembaga-lembaga ekonomi islam. Dan pada aspek afektif sudah ditambilkan pada
rubik khazanah.
5. Analisa
Telaah BAB XI: Dakwah, Tabligh dan Khotbah
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat.
b. Memahami
pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
c. Mempraktikkan
khutbah, tabligh dan dakwah.
Antara buku bahan ajar
dan KI KD sudah sesuai karean pada buku bahan ajar sudah memuat tentang ketiga
indikator tersebut.
Pembelajaran materi
dakwah, tabligh dan khotbah menurut penulis dapat menggunakan metode praktik
dimana peserta didik dapat merasakan dan mengalami sendiri proses berdakwah,
tabligh maupun berkhotbah.
Materi ini menurut kami
sangat kontekstual atau sesuai dengan kondisi siswa SMA yang sudah baligh dan
memiliki kewajiban untuk mengajarkan Islam kepada sesamanya, terutama kepada
mereka yang belum mengenal dan memahami ajaran Islam.
Dalam bab ini sudah
memuat ketiga aspek yaitu, aspek kognitif dengan pemahaman dakwah, tabligh dan
khutbah. Aspek psikomotorik pada pemraktekan dakwah, tabligh dan khutbah serta
bagaimana penerapan khutbah, tabligh dan dakwah yang sesuai dengan syariah yang
menjadi bagian dari ranah afektif.
6. Analisa
Telaah BAB XII: Perkembangan Islam Abad Modern
Di
dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi
sebagai berikut:
a. Menunjukkan
perilaku kreatif, inovatif dan produktif sebagai implementasi dari sejarah
peradaban Islam di era modern.
b. Menelaah
perkembangan islam pada masa modern (1800-sekarang)
c. Mendeskripsikan
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
Pada
buku bahan ajar tentang perkembangan Islam abad modern materi ajar
dideskripsikan dengan perkembangan oleh tokoh-tokoh modernisasi Islam, diantaranaya
muhammad bin abdul wahab, jamaludin al-afgani, muhammad abduh, rasyid ridha,
muhammad ali pasya dan rif’at tahtawi yang sesuai dengan kompetensi yang ada.
Menurut
penulis materi ini dapat disampaikan dengan metode kisah karena ini merupakan
materi tentang kejadian di masa lalu, kemudian bisa dilanjutkan dengan metode
diskusi tentang nilai moral yang terkandung dalam kisah yang telah disajikan.
Materi
tentang perkembangan islam pada abad modern ini menurut penulis sesuai dengan
keadaan siswa SMA tentang kebutuhan akan sejarah, dengan materi ini siswa dapat
mengetahui dan meneruskan perjuangan islam meraih kembali kejayaannya pada abad
modern ini.
Perkembangan islam pada abad modern telah mencakup
beberapa aspek Kognitif yaitu pada buku materi telah menjelaskan tentang
perkembangan islam pada abad modern dengan tokoh-tokohnya. Serta pada Aspek
Afektif siswa dapat mengambil Ibrah dari setiap peristiwa sejarah untuk bisa
diterapkan dikehidupan sehari-hari.
Penyusunan
materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013 sebaiknya pada pembahasan
tentang Toleransi dan Kerukunan diletakkan diatas atau sebelum bahasan tentang
Al-qur’an dan Hadist tentang Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Tindak
Kekerasan, agar pembelajarannya bisa tercover lebih runtut sehingga materi yang
disampaikan saling berkesinambungan dengan materi sebelum atau sesudahnya.
BAB IV
PENUTUP
A. SIMPULAN
Dari
pembahasan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan, yaitu sebagai berikut:
1. Materi
PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum KTSP memuat tentang materi Al-Qur’an
Hadist, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam, dengan bahasan
materi tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, beriman kepada
kitab-kitab Allah, menghargai karya orang lain, dosa besar, kepengurusan
jenazah, khotbah, tablig dan dakwah, serta perkembangan islam pada masa modern.
2. Materi
PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 memuat tentang materi toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, iman kepada para
rasul, toleransi dan kerukunan, sistem ekonomi islam, dakwah, tablig, dan
khotbah serta perkembangan islam abad modern.
3. Antara
kompetensi dan Materi PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 maupun
KTSP sudah saling sesuai sekalipun terkadang didalam bab terdapat materi
tambahan yang masih saling terkait dengan materi yang ada dan dapat menunjang
materi tersebut.
4. Materi
PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 dan KTSP sudah ideal dan sesuai
dengan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dan kondisi kehidupan pada
saat ini.
5. Dalam perspektif penulis penyusunan materi PAI
SMA yang ideal adalah relevansi kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan masa
yang berkembang pada saat itu, materi yang disajikan harus mampu mencakup ranah
kognitif, psikomotorik dan afektif serta pembelajaran PAI bukan menekan pada
hafalan saja tapi juga dapat bersifat aplikatif.
B. SARAN
Dengan makalah ini diharapkan dapat
menjadi salah satu dari referensi guru mapel PAI SMA Kelas XI untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan makalah
ini. Dengan segala keterbatasan dan kemampuan penulis, maka untuk pengembangan
lebih lanjut disarankan kepada para pembaca untuk turut menelaah materi beserta
SK KD maupun KI KD yang ada guna mencapai hasil telaah yang maksimal serta
dapat menjadi masukan kepada penulis guna perbaikan dan penyempurnaan
kedepannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Aminuddin,
dkk. 2007. Pendidikan Agama Islam SMA
Kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara.
Aminuddin. 2015. Pendidikan
agama islam dan budi pekerti SMA/MA kelas XI. Jakarta: PT Bumi aksara.
Drs.
H. M. Suparta, MA, dkk. 2008. Metodologi
Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar