Senin, 10 April 2017

Telaah Materi: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SEMESTER GENAP (KTSP DAN KURIKULUM 2013)



TELAAH MATERI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SEMESTER GENAP (KTSP DAN KURIKULUM 2013)

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Telaah PAI III (SMA)
Dosen Pengampu: Sukarman, M.Pd.I.





Disusun oleh:
1.      Muhammad Roib                 (141310003097)
2.      Amin Rikayanti                    (141310003028)
3.      Choirin Widadiyah              (141310003147)
4.      Nikmatul Ulya                     (141310003159)


 

UNIVERSITAS ISLAM NAHDHLATUL ULAMA’  ( UNISNU ) JEPARA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
Jl. Taman Siswa (pekeng) No. 09 Tahunan Jepara. Telp/Fax (0291)593132



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah membeikan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat meyelesaikan makalah yang berjudul “Telaah Materi Pendidikan Agama Islam Kelas XI Semester Genap (KTSP dan Kurikulum 2013) dengan baik.
Adapun maksud penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Telaah PAI III (SMA). Selain itu kami berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam peninjauan materi PAI.
Kami menyadari banyak sekali kekurangan dalam penulisan makalah ini, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan di masa mendatang.

                                                                 Jepara, 03 Oktober 2016



                                                                  Penulis














DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR...........................................................................................          i
DAFTAR ISI.........................................................................................................         ii
BAB I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ..........................................................................................         1
B.     Rumusan Masalah .....................................................................................         2
C.     Tujuan Makalah..........................................................................................         2
BAB II       PEMBAHASAN
A.    SK KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap KTSP.................................         3
B.     Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI KTSP...........................................         5
C.     KI KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013.................         6
D.    Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI Kurikulum 2013..........................         9
BAB III     ANALISIS
A.    Analisa Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap KTSP....................       10
B.     Analisa Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013...       16
BAB IV     PENUTUP
A.    Simpulan....................................................................................................       22
B.     Saran..........................................................................................................       23
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................       24










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pelajaran yang memuat pembahasan yang berkaitan dengan agama, dengan harapan setelah memepelajari  agama ini,  tidak hanya paham dengan materi yang di sampaikan akan tetapi mampu juga mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat mendekatkan diri pada yang Maha pencipta, memiliki akhlak yang mulia dalam bergaul, dengan sahabat, orang tua, dan negaranya.
Pendidikan Agama Islam di SMA salah satunya bertujuan untuk mewujudkan manusia yang taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, toleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Dalam upaya pemenuhan tujuan tersebut, selain buku ajar juga terdapat kurikulum sebagai pedoman. Saat ini ada dua kurikulum yang dipakai dalam proses pembelajaran, yaitu KTSP dan Kurikulum 2013. Untuk kurikulum KTSP adalah Kurikulum lama pada tahun 2006, sedang untuk Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang dicanangkan pada tahun 2013 dan ada beberapa sekolah yang telah menggunakan kurikulum ini.
Jika dalam kurikulum KTSP mengkunakan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD), maka tidak dengan Kurikulum 2013 yang menggunakan kompetensi inti (KI) sebagai acuan dalam mengembangkan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dipenuhi peserta didik.
Karena ada dua kurikulum yang dipakai saat ini dalam dunia pendidikan Indonesia, penulis bermaksud menelaah tentang kedua materi dengan kedua kurikulum tersebut. Sehingga dapat menjadi salah satu referensi untuk menentukan kelebihan maupun kekurangan yang ada pada buku ajar dengan produk kedua kurikulum tersebut.

B.     Rumusan masalah
Untuk membatasi masalah agar lebih terpusat pada pokok persoalan sesuai dengan judul diatas, maka dalam makalah ini pemakalah menguraikan beberapa permasalahan yaitu:
1.      Bagaimana SK KD PAI SMA kelas XI semester genap KTSP dan Kurikulum 2013?
2.      Bagaimana klasifikasi pokok dan sub bahasan PAI kelas XI KTSP dan Kurikulum 2013?
3.      Bagaimana analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap KTSP?
4.      Bagaimana analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap Kurikulum 2013?

C.      Tujuan Makalah
Berdasarkan pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.         Untuk mengetahui SK KD PAI SMA kelas XI semester genap KTSP dan Kurikulum 2013
2.         Untuk mengetahui klasifikasi pokok dan sub bahasan PAI kelas XI KTSP dan Kurikulum 2013
3.         Untu mengetahui hasil analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap KTSP
4.         Untu mengetahui hasil analisa telaah materi PAI kelas XI semester genap Kurikulum 2013









BAB II
PEMBAHASAN

A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

1.      SK KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap KTSP

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
7.2
Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27



7.3
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27

8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
8.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

9.     Membiasakan perilaku terpuji
9.1
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
9.2
Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
9.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

10.   Menghindari perilaku tercela
10.1
Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2
Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10.3
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

11.   Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
11.1
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
11.2
Memperagakan tatacara pengurusan jenazah



12.   Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
12.1
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
12.2
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
12.3
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah

13.   Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

13.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
13.2
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern





2.      Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI KTSP
a)      Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
1)      Surah ar-rum ayat 41-42
2)      Surah al-a’raf ayat 56-58
3)      Surah sad ayat 27-28
b)      Beriman kepada kitab-kitab allah
1)      Fungsi iman kepada kitab-kitab allah
2)      Hikmah beriman kepada kitab-kitab allah
3)      Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab allah
c)      Menghargai karya orang lain
1)      Pengertian menghargai karya orang lain
2)      Perilaku menghargai karya orang lain
d)     Dosa-dosa besar
1)      Pengertian dosa besar
2)      Contoh-contoh perbuatan dosa besar
3)      Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan seharihari
e)      Pengurusan jenazah
1)      Memandikan
2)      Mengafani
3)      Menyalatkan
4)      Menguburkan
f)       Khotbah, tablig dan dakwah
1)      Khotbah
2)      Tablig dan dakwah
3)      Tata cara khotbah, tablig, dan dakwah
4)      Praktik khotbah, tablig, dan dakwah
g)      Perkembangan islam pada masa modern
1)      Tokoh pembaharu pemikiran islam pada masa modern
2)      Hikmah dari perkembangan islam pada masa modern



3.      KI KD PAI SMA Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Menghayati dan mengamalkan ajaran yang di anutnya.
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada kitab-     kitab Allah Swt.
1.2 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada rosul-rosul Allah Swt.
1.3 Berperilaku taat kepada aturan.
1.4 Menerapkan ketentuan syariat islam dalam penyelenggaraan jenazah.
1.5 Menerapkan ketentuan syariat islam dalam melaksanakan khotbah, tablig, dan dakwah di masyarakat.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, di siplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1  Meunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS. At- Taubah (9): 119 dan hadist terkait.
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17) : 23-24 dan hadis yang terkait.
2.3  Menunjukkan perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al-Ma’idah (5):48; Q.S Az-Zumar (39):39; dan Qs. At Taubah (9):105 serta hadis terkait.
2.4  Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. Sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Yunus (10):40-41 dan Q.S Al-Ma’idah (5):32, serta hadis terkait.
2.5  Menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam. 
2.6  Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dan sejarah peradaban Islam di era modern.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedurual, dan metakognitif, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1  menganalisis QS. Al-Maidah (5) :48;QS. Az-Zumar (39) dan Q.S At-Taubah (9):105, serta hadis tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2  Menganalisis QS. Yunus (10) 40-41 dan QS. Al-Ma’idah (5) :32, serta hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3  Memahami makna imam kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.4  Memahami makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.5  Memahami makna taat kepada aturan, kompetensi dalam kebaikan, dan bekerja keras.
3.6  Memahami makna toleransi dan kerukunan
3.7  Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan.
3.8  Menelaah prinsip-prinsip dan praktek ekonomi dalam islam.
3.9  Memahami pelaksanaan tata cara penyelenggaraan jenazah
3.10          Memahami pelaksanaan khotbah, tabligh, dan dakwah.
3.11          Menelaah perkembangan Islam pada masa moern (1800-sekarang)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari-nya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
4.1      membaca QS. An-Nisa’ (4):59; QS. Al-Ma’idah (5) : 48;Qs. At.Taubah (9):105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2      Mendemonstrasikan hafalan QS. An-Nisa’ (4):59 ; QS. Al-Ma’idah (5):48; QS. At-taubah (9):105 dengan lancar.
4.3      Membaca Qs. Yunus (10):40-41 dan QS.Al-Maidah (05) 32dengan lancar.
4.4      Mendemontrasikan hafalan QS. Yunus (10):40-41 dan QS. Al-Ma’idah (5);32 dengan lancar
4.5      Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.6      Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.7      Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
4.8      Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan.
4.9      Mendiskripsikan bahaya tindak kekerasan dalam kehidupan.
4.10  Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam.
4.11  Memeragakan tata cara penyelenggaraan jenazah.
4.12  Mempraktekkan kohotbah. Tablig, dan dakwah.
4.13  Mendiskripsikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.14  Mendiskripsikan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.      Pokok dan Sub Bahasan PAI Kelas XI Kurikulum 2013
a.       Al-Qur’an Hadis tentang Toleransi dan Menghindarkan  Diri dari Tindak kekerasan.
-          Menganalisis QS. Yunus (10) Ayat 40-41 dan QS. Al-ma’idah (5) Ayat 3.
-          Membaca dan menghafal QS.Yunus (10) Ayat 40-41 dan QS. Al-ma’idah (5) Ayat 32
-          Hadis tentang Toleransi dan menghindarkan Diri dari tindak kekerasan.
b.      Iman kepada para Rasul
-          Iman kepada para Rasul.
-          Ciri-ciri beriman kepada para Rasul.
-          Kewajiban Meneladani para rasul.
-          Kewajiban seorang mukmin kepada Nabi Muhammad SAW.
-          Hikmah beriman kepada para Rasul.
c.       Toleransi dan kerukunan.
-          Toleransi
-          Kerukunan
d.      Sistem ekonomi Islam
-          prinsip-prinsip ekonomi Islam.
-          Praktik ekonomi Islam.
-          Lembaga ekonomi Islam.
e.       Dakwah, Tablig, dan khotbah
-          Dakwah
-          Tablig
-          Khotbah
-          Melaksanakan Dakwah
-          Menyusun Naskah Khotbah
f.       Perkembangan Islam Abad Modern.
-          Tokoh modernisasi Islam
-          Gerakan modernisasi islam di Indonesia

BAB III
ANALISIS

A.    Analisa Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap KTSP
1.      Analisa Telaah BAB VII: Perintah Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup
Pada BAB VII membahas materi tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan SK KD yang menyebutkan bahwa peserta didik harus memiliki kompetensi membaca dan menjelaskan QS. Al Rum: 41-42, QS. Al-A’raf: 56-58, QS. Ash Shad: 27, serta disebutkan juga untuk membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pada buku materi sudah memuat tentang kompetensi-kompetensi tersebut, akan tetapi ada materi tambahan yaitu pada QS. Ash Shad ayat 28 dan ayat tersebut terdapat saling kesesuaian dengan ayatsebelumnya, sehingga menurut penulis tidak masalah untuk adanya materi tambahan tersebut.
Pada materi ini menurut penulis dapat menggunakan metode ceramah dimana pendidik mentransformasikan pengetahuan kepada peserta didik secara lisan sebagai pengantar pembuka pembelajaran. Untuk selanjutnya bisa menggunakan metode hafalan, agar peserta didik dapat mengingat ayat-ayat yang mendasari perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Materi perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup menurut kami sangan kontekstual atau sesuai dengan kondisi saat ini, karena lingkungan hidup yang tidak lagi seimbang ini perlu untuk dilindungi. Dengan adanya materi perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup ini siswa dapat menjalankan perintah yang diamanatkan kepada manusia untukmelakukan usaha agar alam semesta dan segala isinya tetap lestari.
Dalam maeri ini ada beberapa aspek yang sudah terpenuhi, yakni:
a)      Ranah Kognitif, dimana didalam buku materi sudah menyebutkan penjelasan tentan surat-surat yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
b)      Ranah Psikomotorik, dimana didalam buku materi juga disebutkan dengan cara membaca lafadz-lafadz tersebut juga disertai hukum bacaannya sehingga dapat membantu melancarkan bacaan siswa.
c)      Ranah Afektif, dalam buku ini sudah menyebutkan bagaimana sikap untuk menjaga agar lingkungan hidup ini tetap lestari.

2.      Analisa Telaah BAB VIII: Beriman kepada kitab-kitab allah
Pada pembahasan tentang beriman kepada kitab-kitab Allah di sebutkan dalam SK KD bahwa siswa harus dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah dan menerapkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah. Didalam buku ajar suah menampilkan materi tentang prilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab Allah dan juga hikmah dari beriman kepada kitab-kitab allah.
Menurut penulis dalam pembelajaran materi ini sebaiknya menggunakan metode ceramah dan metode suri tauladan dimana pendidik bisa menjadi contoh atau figur yang baik bagi peserta didik.
Materi beriman kepada kitab-kitab Allah ini sangat kontekstual atau sesuai dengan kebutuhan siswa SMA yang tengah mengalami masa pertumbuhan, masa pencarian jati diri oleh karenanya dengan materi ini siswa bisa memperoleh pedoman hidup dan tahu pentingnya untuk beriman kepada kitab-kitab Allah.
Dalam materi ini sudah memuat tentang aspek-aspek, diantaranya:
a)   kognitif , didalam buku ajar sudah menyebutkan pengertian, kitab-kitab yang Allah turunkan dibumi dan fungsi iman kepada Allah pada pengantar BAB.
b)   Psikomtorik, buku materi sudah menyabutkan bagaimana cara berperilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah.
c)   Afektif, dalam buku materi disebutkan tentang hikmah briman kepada kitab-kitab allah sehingga siswa dapat menegerti pentingnya bersikap mengimani kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Analisa Telaah BAB IX: Menghargai karya orang lain
Pada pembahasan tentang menghargai karya orang lain disebutkan dalam SK KD bahwa siswa harus memiliki kompetensi menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain, menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain dan membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Didalam buku materi sudah memuat kompetensi-kompetensi yang telah disebutkan.
Materi ini menurut kami dapat menggunakan metode brain storming dimana pendidik terlebih dahulu memberikan pengarahan lalu menampilkan sebuah karya lalu peserta didik dapat mencurahkan gagasan tentang karya tesebut.
Materi menghargai karya orang lain ini menurut penulis sesuai dengan perkembangan siswa SMA agar dapat memberikan apresiasi terhadap karya orang lain sehingga dapat mendorong untuk berinovasi dan berkarya.
Pada bab ini tentang menghargai karya orang lain, ketiga aspek sudah terpenuhi dalam buku materi. Baik Konitif, Psikomotorik mapun Afektif. Untuk aspek afektif sendiri ditampilkan dengan sangat sederhana dengan sebuah cerita.

4.      Analisa Telaah BAB X: Dosa-dosa besar
Didalam SK KD disebutkan bahwa siswa harus memiliki kompetensi untuk mampu menjelaskan pengertian dosa besar, menyebutkan contoh perbuatan dosa besar dan mampu menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ajar sudah memuat tentang pengertian dosa besar, contoh perbuatan dosa besar, dan menghindari perbuatan dosa besar. Antara buku ajar dengan SK KD telah sesuai.
Menurut penulis materi ini sebaiknya menggunakan metode ceramah dan drama dimana pendidik memberikan pengarahan tentang drama yang akan ditampilkan, agar peserta didik lebih memahami apa yang sedang diperankan dan agar tidak melenceng dari materi.
Materi dosa-dosa besar menurut penulis sangat sesuai dengan kebutuhan siswa SMA, mengingat bahwa siswa sedang mengalami proses pencarian jati diri yang suka dengan hal-hal yang baru, dengan materi ini siswa dapat mengerti dan menghindari perbuatan yang tergolong dalam perbuatan dosa besar itu.
Dalam materi ini sudah mencakup ketiga aspek, yaitu aspek kognitif yang sudah menjelaskan tentang pengertian dosa besar. Aspek psikomotorik yang menampilkan contoh-contoh dari perbuatan dosa besar dan sikap untuk menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam aspek Afektif.

5.      Analisa Telaah BAB XI: Pengurusan jenazah
Didalam SK KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi:
a)      Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah
b)      Memperagakan tata cara pengurusan jenazah
Dalam buku materi sudah memuat tentang tata cara kepengurusan jenazah dari memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan. Materi ajar sudah sesuai dengan kompetensi yang ada.
Menurut penulis materi pengurusan jenazah sebaiknya menggunakan metode praktik agar setiap peserta didik dapat memahami dan tahu tentang praktik pengurusan jenazah.
Materi kepengurusan jenazah sangat kontkstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa SMA yang notabennya sudah akil baligh dan sudah memiliki kewajiban untuk terlibat dalam kepenguusan jenazah.
Materi kepengurusan jenazah sudah mencakup beberapa aspek yaitu:
a)      Aspek Kognitif, buku materi sudah memuat tentang tata cara kepengurusan jenazah dari memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan.
b)      Aspek Psikomotorik, pada buku materi terdapat cara kepengurusan jenazah untuk dipraktekkan oleh siswa.

6.      Analisa Telaah BAB XII: Khotbah, tabligh dan dakwah
Didalam SK KD disebutkan bahwa siswa harus memiliki kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a)      Menjelaskan pemgertian khutbah, tabligh dan dakwah
b)      Menjelaskan tata cara khutbah, tabligh dan dakwah
c)      Memperagakan khutbah, tabligh dan dakwah
Pada buku materi sudah memuat tentang pengertian, tata cara ketentuan-ketentuan yang ada didalam khutbah, tabligh dan dakwah. Didalam buku materi juga terdapat materi untuk mempraktikan khutbah, tabligh dan dakwah.
Pada materi khotbah, tabligh dan dakwah dapat menggunakan metode ceramah dan resource visitor atau manusia sumber dimana pendidik mendatangkan orang yang memiliki keahlian dibidang tersebut untuk memberikan pelajaran kepada siswa.
Khotbah, tabligh dan dakwah menurut kami sangat kontekstual atau sesuai dengan kondisi siswa SMA yang notabennya sudah baligh yang juga memiliki kewajiban untuk mendakwahkan Islam, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas.
Materi khotbah, tabligh dan dakwah ini sudah memuat beberapa aspek yaitu:
a)      Kognitif, buku materi sudah menyebutkan tentang pengertian khotbah, tabligh dan dakwah termasuk ketentuan-ketentuan yang ada didalamnya dari ruku, sunnah, fungsi dan bahasa yag digunakan dalam khutbah tugas dan bekal yang harus dimiliki oleh seorang Da’i.
b)      Psikomotorik, buku materi sudah menjelaskan tentang tata cara khutbah, tabligh dan dakwah.
c)      Afektif, pada buku materi teah memuat tentang bagaimana cara mempraktikan khotbah, tabligh dan dakwah.

7.      Analisa Telaah BAB XIII: Perkembangan islam pada masa modern
Telah disebutkan dalam SK KD bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi untuk:
a)      Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
b)      Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan islam pada masa modern
Pada buku bahan ajar sudah terdapat penjelasan mengenai perkembangan islam masa mdern dan contoh peristiwa perkembangan islam pada masa modern di bagian materi pengantar dan juga disebutkan di sub pokok bahasan tentang tokoh-tokoh pembaharu pemikiran islam pada masa modern. Pada bab ini juga ada materi tambahan tentang hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.
Sebaiknya materi perkembangan islam pada masa modern ini disampaikan dengan metode kisah karena materi ini berkaitan dengan kejadian yang telah lalu. Pendidik dapat menceritakan materi sejarah atau sebaliknya peserta didik dapat mengemas sejarah dalam bentuk sebuah cerita sehingga kreatifitas siswa lebih terasah.
Adapun materi perkembangan islam pada masa modern ini sesuai dengan kebutuhan siswa SMA akan keberadaan sejarah. Sejarah bahwa Islam pernah bangkit dari ketidak berdayaannya, sehingga siswa dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari materi sejarah tersebut.
Perkembangan islam masa modern telah mencakup beberapa aspek diantaranya:
a)      Kognitif, buku materi telah menjelaskan tentang perkembangan islam pada masa modern dengan tokoh-tokohnya.
b)      Afektif, buku materi telah menyajikan tentang makna dari belajar sejarah yaitu tentang hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.


B.     Analisa Telaah Materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013
1.      Analisa Telaah BAB VII: Al-qur’an dan Hadist tentang Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Tindak Kekerasan.
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Menunjukan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32, serta hadits terkait.
b.      Menganalisis QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32, serta hadist tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
c.       Membaca QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Maidah ayat 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Dalam buku materi telah memuat tentang
Pada buku bahan ajar sudah sesuai dengan kompetensi yang ada karena pada buku bahan ajar telah memuat materi tentang ayat Al-Qur’an maupun hadist tentang toleransi dan menghindari diri dari tindak kekerasan, serta juga terdapat materi tentang ilmu tajwid yang dapat memperlancar kefasihan peserta didik dalam membaca, menghafal maupun memahami ayat dan hadist tersebut.
Materi ini menurut penulis pendidik dapat menggunakan metode ceramah sebagai pengantar atau pembuka materi, lalu bisa dilanjutkan dengan metode tanya jawab untuk mngetes daya tangkap siswa tentang materi yang telah disampaikan dan dapat juga menggunakan metode hafalan untuk memperkuat dasar tentang toleransi dan dapat menghindari tindak kekerasan.
Adapun materi Al-Qura’an dan hadist tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan ini sangat sesuai dengan keadaan siswa siswa SMA yang rentan perkelahian dan kekerasan sehingga materi ini bisa menjadi salah satu pengingat untuk menghindari kekerasan dan menjaga toleransi.
Pada bab ini beberapa aspek sudah terpenuhi, yaitu pada ranah kognitif pada penganalisisan suarat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan menghidari dari tindak kekerasaan.ranah psikomotorik ditunjukan sangat baik dengan bantuan pemfasihan bacaan peserta didik dengan ilmu-ilmu tajwid yang terdapat pada buku bahan ajar. Serta pada ranah afektif telah ditunjukan pada rubik tokoh yang bisa menjadi contoh bagi peserta didik untuk mengambil sikap.

2.      Analisa Telaah BAB VIII: Iman kepada Para Rasul
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Menghayati nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah SWT.
b.      Memahami makna iman kepada rasul-rasul Allah SWT.
c.       Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah SWT.
Pada buku bahan ajar sudah memuat materi tentang kompetensi-kompetensi yang ada.
Penyampaian materi tentang iman kepada para rasul menurut penulis dapat menggunakan metode ceramah dan tanya jawab agar siswa dapat mengingat materi yang telah disampaikan.
Materi iman kepada para rasul menurut pandangan penulis sesuai apabila disampaikan pada siswa SMA untuk memperkuat akidah dengan menambah keimanan kepada rasul-rasul Allah dengan cara yang benar dan membukikan keimanan tersebut dengan aksi nyata.
Adapun materi iman kepada para rasul telah mencakup beberapa aspek, diantaranya aspek kognitif dengan menampilkan materi tentang makna iman kepada para rasul, aspek psikomotorik dapat dilihat dengan uaya-upaya untuk menghormati Nabi Muhammad SAW, dan aspek yang terahir yaitu aspek afektif dengan dukungan dari hikmah beriman kepada para rasul.

3.      Analisa Telaah BAB IX: Toleransi dan Kerukunan.
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Memahami  makna toleransi dan kerukunan
b.      Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan
Dalam buku materi sudah memuat tentang pengertian toleransi dan kerukunan serta bagaimana contoh perilaku toleransi dan kerukunan. Pada buku ajar juga terdapat materi-materi yang mendukung pembahasan yaitu tentang konsep toleransi dalam islam dan nilai-nilai serta hikmah toleransi dan kerukunan.
Toleransi dan kerukunan dalam proses pembelajaran menurut penulis dapat menggunakan metode diskusi dimana peserta didik dapat saling mencurahkan gagasan masing-masing tentang bagaimana sikap toleransi dan menjaga kerukunan dengan panduan guru.
Materi ini menurut penulis sesuai dengan siswa SMA yang sudah meluas pergaulannya dan mulai berkegiatan dengan banyak orang, sehingga materi ini dapat mengingatkan siswa untuk pentingnya bertoleransi dan menjaga kerukunan.
Pada bab toleransi dan kerukunan sudah memuat beberapa aspek yaitu, aspek kognitif dimana buku ajar sudah menampilkan tentang definisi dan konsep toleransi serta kerukunan. Pada aspek psikomotorik telah ditunjukkan dengan cara untuk mebiasakan sikap bertoleran dan kerukunan. Dan aspek Afektif, buku bahan ajar sudah menyebutkan sikap-sikap dan pembiasaan untuk toleransi dan kerukunan.



4.      Analisa Telaah BAB X: Sistem Ekonomi Islam
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
b.      Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam.
Pada buku bahan ajar telah sesuai dengan kompetensi yang ada karena telah disampaikan tentang prinsip-prinsip dan bagaimana praktik dalam ekonomi islam serta dalam materi juga disajikan hadis maupun firman Allah yang memperkuat materi tersebut.
Sistem ekonomi islam menurut penulis materi ini dapat disampaikan menggunakan metode ceramah untuk memberi wawasan siswa tentang materi apa yang akan dipelajari, kemudian bisa dilanjutkan dengan metode praktik sehingga siswa dapat benar-benar mempraktikkan materi yang telah disampaikan.
Materi sistem ekonomi islam, menurut penulis sesuai dengan kebutuhan pengetahuan siswa tentang sistem ekonomi islam berjalan karena dewasa ini para pelajar termasuk siswa usia SMA sudah mulai kreatif untuk membangun bisnis kecil-kecilan untuk sekedar tambahan uang saku atau untuk tambahan biaya sekolah, dengan materi ini siswa mampu menjalankan kretifitas berbisnis yang masih berada dalam koridor agama.
Adapun materi sistem ekonomi islam sudah memuat beberapa aspek, yaitu aspek kognitif sudah ditampilkan dengan materi prinsip-prinsip ekonomi islam. Pada aspek psikomotorik sudah ditunjukan dengan bagaimana pemraktikan ekonomi islam serta lembaga-lembaga ekonomi islam. Dan pada aspek afektif sudah ditambilkan pada rubik khazanah.

5.      Analisa Telaah BAB XI: Dakwah, Tabligh dan Khotbah
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat.
b.      Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah.
c.       Mempraktikkan khutbah, tabligh dan dakwah.
Antara buku bahan ajar dan KI KD sudah sesuai karean pada buku bahan ajar sudah memuat tentang ketiga indikator tersebut.
Pembelajaran materi dakwah, tabligh dan khotbah menurut penulis dapat menggunakan metode praktik dimana peserta didik dapat merasakan dan mengalami sendiri proses berdakwah, tabligh maupun berkhotbah.
Materi ini menurut kami sangat kontekstual atau sesuai dengan kondisi siswa SMA yang sudah baligh dan memiliki kewajiban untuk mengajarkan Islam kepada sesamanya, terutama kepada mereka yang belum mengenal dan memahami ajaran Islam.
Dalam bab ini sudah memuat ketiga aspek yaitu, aspek kognitif dengan pemahaman dakwah, tabligh dan khutbah. Aspek psikomotorik pada pemraktekan dakwah, tabligh dan khutbah serta bagaimana penerapan khutbah, tabligh dan dakwah yang sesuai dengan syariah yang menjadi bagian dari ranah afektif.

6.      Analisa Telaah BAB XII: Perkembangan Islam Abad Modern
Di dalam KI KD disebutkan bahwa peserta didik harus memenuhi kompetensi-kompetensi sebagai berikut:
a.       Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern.
b.      Menelaah perkembangan islam pada masa modern (1800-sekarang)
c.       Mendeskripsikan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
Pada buku bahan ajar tentang perkembangan Islam abad modern materi ajar dideskripsikan dengan perkembangan oleh tokoh-tokoh modernisasi Islam, diantaranaya muhammad bin abdul wahab, jamaludin al-afgani, muhammad abduh, rasyid ridha, muhammad ali pasya dan rif’at tahtawi yang sesuai dengan kompetensi yang ada.
Menurut penulis materi ini dapat disampaikan dengan metode kisah karena ini merupakan materi tentang kejadian di masa lalu, kemudian bisa dilanjutkan dengan metode diskusi tentang nilai moral yang terkandung dalam kisah yang telah disajikan.
Materi tentang perkembangan islam pada abad modern ini menurut penulis sesuai dengan keadaan siswa SMA tentang kebutuhan akan sejarah, dengan materi ini siswa dapat mengetahui dan meneruskan perjuangan islam meraih kembali kejayaannya pada abad modern ini.
Perkembangan islam pada abad modern telah mencakup beberapa aspek Kognitif yaitu pada buku materi telah menjelaskan tentang perkembangan islam pada abad modern dengan tokoh-tokohnya. Serta pada Aspek Afektif siswa dapat mengambil Ibrah dari setiap peristiwa sejarah untuk bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari.
Penyusunan materi PAI Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013 sebaiknya pada pembahasan tentang Toleransi dan Kerukunan diletakkan diatas atau sebelum bahasan tentang Al-qur’an dan Hadist tentang Toleransi dan Menghindarkan Diri dari Tindak Kekerasan, agar pembelajarannya bisa tercover lebih runtut sehingga materi yang disampaikan saling berkesinambungan dengan materi sebelum atau sesudahnya.













BAB IV
PENUTUP

A.    SIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan, yaitu sebagai berikut:
1.      Materi PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum KTSP memuat tentang materi Al-Qur’an Hadist, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam, dengan bahasan materi tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, beriman kepada kitab-kitab Allah, menghargai karya orang lain, dosa besar, kepengurusan jenazah, khotbah, tablig dan dakwah, serta perkembangan islam pada masa modern.
2.      Materi PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 memuat tentang materi toleransi dan menghindarkan  diri dari tindak kekerasan, iman kepada para rasul, toleransi dan kerukunan, sistem ekonomi islam, dakwah, tablig, dan khotbah serta perkembangan islam abad modern.
3.      Antara kompetensi dan Materi PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 maupun KTSP sudah saling sesuai sekalipun terkadang didalam bab terdapat materi tambahan yang masih saling terkait dengan materi yang ada dan dapat menunjang materi tersebut.
4.      Materi PAI Kelas XI SMA Semester Genap Kurikulum 2013 dan KTSP sudah ideal dan sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dan kondisi kehidupan pada saat ini.
5.       Dalam perspektif penulis penyusunan materi PAI SMA yang ideal adalah relevansi kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan masa yang berkembang pada saat itu, materi yang disajikan harus mampu mencakup ranah kognitif, psikomotorik dan afektif serta pembelajaran PAI bukan menekan pada hafalan saja tapi juga dapat bersifat aplikatif.
B.     SARAN
Dengan makalah ini diharapkan dapat menjadi salah satu dari referensi guru mapel PAI SMA Kelas XI untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan makalah ini. Dengan segala keterbatasan dan kemampuan penulis, maka untuk pengembangan lebih lanjut disarankan kepada para pembaca untuk turut menelaah materi beserta SK KD maupun KI KD yang ada guna mencapai hasil telaah yang maksimal serta dapat menjadi masukan kepada penulis guna perbaikan dan penyempurnaan kedepannya.























DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin, dkk. 2007. Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminuddin. 2015. Pendidikan agama islam dan budi pekerti SMA/MA kelas XI. Jakarta: PT Bumi aksara.

Drs. H. M. Suparta, MA, dkk. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar