Senin, 10 April 2017

Laporan KKL Kelompok 10



LAPORAN
KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNISNU JEPARA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
DI MTs NEGERI 1 KOTA MALANG

Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Kuliah Kerja Lapangan

unisnu_3d_jpg

Disusun Oleh:
Kelompok 10
1.        Wina Resmiati                            (141310003073)
2.        Zainurrohmah                            (141310003084)
3.        Muhammad Zaenal Hanif         (141310003095)
4.        M. Roib                                       (141310003097)
5.        Uswatun Khasanah                    (141310003104)
6.        Rokhmat                                                 (141310003107)
7.        Latifatun Ni’mah                       (141310003110)
8.        Rohmatin Maghfiroh                 (141310003130)
9.        Hanik Mariyatul Kiptiyah         (141310003133)
10.    Siswanto                                      (141310003134)
11.    Ainur Rohmah                           (141310003143)
12.    Choirin Widadiyah                    (141310003147)
13.    Siti Munawaroh                          (141310003154)
14.    Nikmatul Ulya                            (141310003159)
15.    Nikalatun Nakhya                      (141310003185)
16.    Aris Nur Cahyono                      (141310003213)
17.    Zaenuri                                        (141310003229)

 
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
TAHUN 2017

PENGESAHAN
Laporan Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara Tahun Akademik 2016/2017 di MTs Negeri 1 Kota Malang
Oleh    :  Kelompok 10
1.      Wina Resmiati                           (141310003073)
2.      Zainurrohmah                            (141310003084)
3.      Muhammad Zaenal Hanif          (141310003095)
4.      M. Roib                                      (141310003097)
5.      Uswatun Khasanah                    (141310003104)
6.      Rokhmat                                    (141310003107)
7.      Latifatun Ni’mah                       (141310003110)
8.      Rohmatin Maghfiroh                 (141310003130)
9.      Hanik Mariyatul Kiptiyah          (141310003133)
10.  Siswanto                                                (141310003134)
11.  Ainur Rohmah                           (141310003143)
12.  Choirin Widadiyah                    (141310003147)
13.  Siti Munawaroh                         (141310003154)
14.  Nikmatul Ulya                           (141310003159)
15.  Nikalatun Nakhya                      (141310003185)
16.  Aris Nur Cahyono                     (141310003213)
17.  Zaenuri                                       (141310003229)
Telah disahkan pada:
Hari                 :
Tanggal           :

Dekan FTIK                                        Dosen Pembimbing Lapangan
UNISNU Jepara

Drs. H. Akhirin, M.Ag.                     Drs. Ahmad Ali Munir Basyir, M.Pd.


KATA PENGANTAR

Segala puji penulis panjatkan kepada Allah SWT Rabb semesta alam sebagai wujud syukur atas segala ni’mat yang telah diberikan kepada penulis. Atas ridha Allah mamberikan kami Hidayah-Nya sehingga penulis tidak tersesat dalam jurang kebodohan dengan memberi penulis setetes ilmu dan secercah nur pengetahuan dalam kehidupan ini.
Sholawat serta salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Nabi yang selalu menjadi panutan dan suri tauladan bagi umatnya yang selalu ditunggu syafaat-Nya terlebih-terlebih syafaat al udzma fin yaum al makhsayar. Amin.
Dalam pengantar sederhana ini ijinkan kami berterima kasih kepada:
1.      Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., selaku Rektor UNISNU Jepara.
2.      Drs. H. Akhirin Ali, M.Ag., selaku Dekan FTIK UNISNU Jepara.
3.      Drs. Ahmad Ali Munir Basyir, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan yang selalu mengarahkan dan membimbing pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan sampai pembuatan laporannya.
4.      Semua Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, dengan ilmu akademik yang mereka curahkan kepada penulis.
5.      Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Malang.
6.      Semua pihak yang tidak dapat di sebutkan satu persatu yang telah berjasa dalam pelaksanaan serta penyusunan laporan kuliah kerja lapangan ini.
Meskipun penulis sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik untuk laporan ini, namun penulis sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan maupun kekurangan. Oleh karena itu, saran, kritik, serta masukan yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan.

      Jepara, 19 Februari 2017

                                                                                            Penulis

 DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN...............................................................................      ii
KATA PENGANTAR..........................................................................................     iii
DAFTAR ISI........................................................................................................     iv

BAB I  PENDAHULUAN
A.    Dasar Pemikiran................................................................................      1
B.     Rumusan Kuliah Kerja Lapangan.....................................................      2
C.     Tujuan dan Target Kuliah Kerja Lapangan........................................      2
D.    Manfaat Kuliah Kerja Lapangan.......................................................      4
E.     Sistematika Laporan..........................................................................      5

BAB II DESKRIPSI TEORI
A.    Materi dan Kurikulum PAI................................................................      7
B.     Desain Pembelajaran PAI..................................................................      8
C.     Metode Pembelajaran PAI.................................................................    11
D.    Media Pembelajaran PAI...................................................................    15
E.     Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI....................................................    18

BAB III KAJIAN OBJEK KKL
A.     Data Umum......................................................................................    24
                                       1.       Letak Geografis ........................................................................    24
                                       2.       Visi Misi....................................................................................    25
                                       3.       Sejarah/Histori...........................................................................    25
                                       4.       Struktur Kurikulum....................................................................    28
                                       5.       Keadaan Siswa...........................................................................    36
                                       6.       Guru dan Karyawan...................................................................    37
                                       7.       Komite Sekolah/ Madrasah........................................................    38
B.     Data Khusus.....................................................................................    40
                                       1.        Penerapan Materi dan Kurikulum PAI.......................................    40
                                       2.        Implementasi Desain Pembelajaran PAI.....................................    42
                                       3.        Aplikasi Metode Pembelajaran PAI............................................    43
                                       4.        Media dan Alat Pendidikan bidang studi PAI.............................    45
                                       5.        Pelaksanaan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI.........................    48

BAB IV PEMBAHASAN
A.    Faktor Pendukung.............................................................................    50
B.     Faktor Penghambat...........................................................................    50
C.     Upaya Mengatasi Hambatan.............................................................    51

BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan.......................................................................................    52
B.     Rekomendasi....................................................................................    53
C.     Penutup.............................................................................................    54





           

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Dasar Pemikiran

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah praktikum berupa kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan mendapatkan pengalaman nyata dari instansi, lembaga atau organisasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan dan kompetensi yang dikembangkan fakultas maupun program studi.
KKL merupakan program akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang harus diikuti oleh semua mahasiswa. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan memperluas cakrawala dalam pembentukan kompetensi pedagogik, professional, personal maupun sosial sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan, sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan disekolah, yang meliputi pengelolaaan pembelajaran dan wawasan kependidikan secara memadai. Dengan demikian melalui kegiatan kuliah kerja lapangan para mahasiswa mampu membimbing, mendorong dan membangkitkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar dan dalam mengatasi problem hidupnya. Selain itu mahasiswa juga bisa membangun komunikasi baik secara personal maupun sosial.
Selain itu, KKL mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara memiliki makna yang luhur. Sebab, tujuan pendidikan tidak semata-mata memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menanamkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengembangkan kepribadian peserta didik menjadi manusia yang memiliki akhlaqul karimah. Dengan demikian maka para mahasiswa tidak hanya sekedar mengetahui konsep teoritis tentang kependidikan tetapi juga mampu meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terhadap ilmu kependidikan yang meliputi materi dan kurikulum, desain pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan teknik evaluasi hasil belajar PAI, untuk menuju guru PAI yang memiliki kompetensi professional, peadagogik, personality dan sosial berhaulan ahlu sunnah wal jamaah.

B.     Rumusan Kuliah Kerja Lapangan
Agar laporan ini dapat terarah dan dapat mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan, maka kami merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut :
1.      Bagaimana penerapan materi dan kurikulum PAI di MTs N 1 Kota Malang?
2.      Bagaimana implementasi desain pembelajaran PAI yang diterapkan di MTs N 1 Kota Malang?
3.      Bagaimana aplikasi metode pembelajaran PAI di MTs N 1 Kota Malang?
4.      Bagaimana penggunaan media dan alat pendidikan bidang studi PAI di MTs N 1 Kota Malang?
5.      Bagaimana pelaksanaan teknik evaluasi hasil belajar PAI di MTs N 1 Kota Malang?
6.      Faktor apa saja yang menjadi  pendukung dan penghambat terkait proses  pembelajaran PAI di MTs N 1 Kota Malang?
7.      Bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada di MTs N 1 Kota Malang?

C.    Tujuan dan Target Kuliah Kerja Lapangan
Berdasarkan permasalahan dan obyek kajian yang diteliti, maka ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu :
1.      Untuk mendeskripsikan aplikasi materi dan kurikulum PAI, desain pembelajaran PAI, metode pembelajaran PAI, media pembelajaran PAI dan bagaimana teknik evaluasi hasil belajar PAI di MTs N 1 Kota Malang
2.      Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor  penghambat  dan pendukung terkait pembelajaran PAI di MTs N 1 Kota Malang
3.      Untuk mengetahui Upaya apa saja yang dilakukan MTs N 1 Kota Malang  dalam mengatasi hambatan-hambatan yang ada.
Target yang diharapkan tercapai melalui kegiatan KKL ini adalah terbentuknya pribadi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebagai calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial. Disamping keempat unsur tersebut mahasiswa juga mampu:
1.      Mengimplementasikan manajemen pendidikan secara profesional.
2.      Menguraikan materi dan kurikulum pembelajaran PAI dalam melaksanakan pengelolaan kurikulum, peningkatan kinerja guru, kreatifitas siswa, dan meningkatkan derajat partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
3.      Mengimplementasikan prinsip dan konsep desain pembelajaran PAI dalam pengelolaan pendidikan dengan menerapkan planning, organizing, acting, dan controlling.
4.      Mengaplikasikan prinsip dan konsep Metode Pembelajaran PAI dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran.
5.      Menerapkan media dan alat pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran bidang studi PAI.
6.      Melaksanakan evaluasi hasil belajar PAI dalam mengukur proses pembelajaran.





D.    Manfaat Kuliah Kerja Lapangan
Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Secara Teoritis
a)        Dapat menambah pengetahuan baru bagi dunia akademik serta menjelaskan tentang materi dan kurikulum PAI, desain pembelajaran PAI, metode pembelajaran PAI, media pembelajaran PAI, serta teknik evaluasi hasil belajar PAI yang diterapkan di MTS N 1 Kota Malang.
b)        Dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi para Mahasiswa tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan serta problematika dalam dunia pendidikan. Terutama hal-hal yang berhubungan tentang suatu kelembagaan dengan segala permasalahan yang ada di dalamnya, baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun dalam pengelolaan sekolah/ madrasah secara umum.
2.      Secara Praktis
a)      Meningkatkan penguasaan dan ketrampilan mahasiswa terhadap ilmu-ilmu kependidikan yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dalam praktik di lapangan.
b)      Mahasiswa dapat menguraikan materi dan kurikulum PAI dalam pelaksanaan pengelolaannya, serta peningkatan standar pendidkan siswa.
c)      Dapat memberi pengetahuan kepada para Mahasiswa tentang desain pembelajaran PAI yang tepat untuk menunjang proses pembelajaran
d)     Penerapan metode dan media pendidikan yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran bidang studi Pendidikan agama Islam (PAI).
e)      Membentuk karakter Mahasiswa yang ber Akhlaqul Kariamah dan mempunyai pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat melahirkan tenaga profesional dalam bidang pendidikan yang bias diandalkan di masa depan. 

E.     Sistematika Laporan
Agar Laporan Kuliah Kerja Lapangan ini lebih sistematis dan mudah dipahami maka perlu dibuat sistematika laporan. Adapun sistematika Laporan kelompok KKL Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, adalah sebagai berikut:

Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I : Pendahuluan
A.  Dasar Pemikiran
B.  Rumusan Kuliah Kerja Lapangan
C.  Tujuan dan Target Kuliah Kerja Lapangan
D.  Manfaat Kuliah Kerja Lapangan
E.   Sistematika Laporan

BAB II : Deskripsi Teori
A.  Materi dan Kurikulum PAI
B.  Desain Pembelajaran PAI
C.  Metode Pembelajaran PAI
D.  Media Pembelajaran PAI
E.   Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
BAB III : Kajian Objek KKL
A.  Data Umum
1.    Letak Geografis
2.    Visi Misi
3.    Sejarah/Historis
4.    Struktur Kurikulum    
5.    Keadaan Siswa           
6.    Guru dan Karyawan   
7.    Komite Sekolah/Madrasah     
B.  Data Khusus
1.    Penerapan Materi dan Kurikulum PAI
2.    Implementasi Desain Pembelajaran PAI
3.    Aplikasi Metode Pembelajaran PAI
4.    Media dan Alat Pendidikan bidang studi PAI
5.    Pelaksanaan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
BAB IV : Pembahasan
A.  Faktor Pendukung
B.  Faktor Penghambat
C.  Upaya Mengatasi Hambatan
BAB V : Penutup
A.  Simpulan
B.  Rekomendasi
C.  Penutup













BAB II
DESKRIPSI TEORI

A.      Materi dan Kurikulum PAI
Materi pokok Pendidikan Agama Islam adalah semua masalah hidup dan kehidupan manusia menurut ajaran agama Islam dengan sumbernya yang sudah jelas yaitu : Kitab Suci Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW dan materi yang disampaikan itu harus sesuai dengan kemampuan atau kecerdasan serta pertumbuhan peserta didiknya.
Secara garis besar materi pokok pendidikan agama Islam meliputi:
1.         Aqidah; adalah bersifat I’tikat batin, mengajarkan keesaan Allah, Esa sebagai Tuhan yang mencipta, mengatur dan meniadakan alam ini.
2.         Syari’ah; adalah berhubungan dengan amal lahir dalam rangka mentaati semua peraturan dan hukum Tuhan guna mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan.
3.         Akhlak; adalah sesuatu amalan yang bersifat pelengkap penyempurnaan bagi kedua amal diatas dan mengajarkan tentang tata cara pergaulan hidup manusia.
Permendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar SKL untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, permendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan, permendiknas nomor 22 tahun 2006 dan 23 tahun 2006. Mapel PAI meliputi:
1.        Qur’an Hadits
2.        Akidah
3.        Akhlak
4.        Fiqih
5.        Tarikh dan kebudayaan Islam




B.       Desain Pembelajaran PAI
Secara etimologi, desain adalah sebuah istilah yang diambil dari kata design yang berarti kerangka bentuk, rancangan, motif atau corak (Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008: 346). Sementara secara terminologi, Desain adalah suatu pemikiran atau persiapan untuk melaksanakan suatu tugas atau untuk mengambil suatu keputusan terhadap apa yang akan dilaksanakan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu melalui langkah-langkah sistematis dan memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanaan tugas tersebut (Royani, 2004: 66). Dengan demikian, desain pembelajaran PAI dapat diartikan sebagai rancangan yang dipersiapkan untuk pelaksanaan pembelajaran PAI melalui langkah-langkah yang sistematis dan sesuai prinsip-prinsip pembelajaran PAI.
Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu rekayasa yang diupayakan untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh berkembang sesuai dengan maksud dan tujuan penciptaannya. Dalam konteks proses belajar disekolah atau madrasah, pembelajaran tidak mungkin terjadi dengan sendirinya, yakni peserta didik belajar berinteraksi dengan lingkungannya seperti yang terjadi dalam proses belajar dimasyarakat (social learning). Namun, proses pembelajaran harus diupayakan dan selalu selaras dengan tujuan (goal Based). Oleh karenanya segala kegiatan, metode dan kondisi pembelajaran harus direncanakan dengan selalu mengacu pada tujuan pembelajaran yang dikehendaki.
Disinilah letak urgensi sebuah desain pembelajaran. Desain pembelajaran tidak hanya berperan sebagai pendekatan yang terorganisasi (organized approach) untuk memproduksi dan mengembangkan bahan ajar tetapi juga merupakan sebuah proses generik yang dapat digunakan untuk menganalisis masalah pembelajaran dan kinerja manusia serta menetukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan adanya desain dalam pembelajaran, diharapkan proses belajar mengajar dapat menemukan arah yang tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Desain pembelajaran sebagai sebuah rancangan hendaknya mengandung komponen yang disebut dengan anchor point (Abdul Majid, 2007:96). Jika diterapkan dalam pendidikan agama Islam, maka komponen desain pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Tujuan pembelajaran
Secara umum, pembelajaran PAI di sekolah atau di madrasah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam. Sehingga menjadi manusia yang muslim, yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaan, berbangsa, dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang yang tinggi (Majid dan Handayani, 2004: 135). Adapun yang khusus, pembelajaran materi PAI harus dirumuskan sedemikian rupa mencakup semua dimensi dalam kehidupan, baik dalam aspek vertikal maupun horizontal.
2.      Materi pembelajaran
Materi PAI dimadrasah ataupun sekolah mencakup materi al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, PAI, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam menyusun materi pembelajaran perlu diperhatikan beberapa prinsip, yaitu kecukupan, konsistensi, dan kebutuhan agar materi pembelajaran benar-benar sejalan dan searah dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
3.      Pendekatan dan metode pembelajaran
PAI sebagai sebuah mata pelajaran memiliki kekhasan sendiri jika dibandingkan dengan materi pelajaran lain. Untuk itu dibutuhkan pendekatan dan metode yang tepat agar mapel PAI mudah diterima oleh peserta didik. Selain metode-metode tradisional khas PAI, seperti sorogan atau bandongan, pembelajaran PAI perlu dibubuhi variasi dengan cara menerapkan metode pembelajaran kontemporer yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI.
4.      Media pembelajaran
Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses belajar mengajar. Ketidakjelasan dan kerumitan materi ajar yang disampaikan dapat dibantu atau disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang tidak bisa disampaikan guru menggunakan bahasa lisan secara jelas (Djamarah dan Zain, 2002: 136). Disamping itu, media pembelajaran juga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan perhatian siswa sehingga dapat mendukung lancarnya proses belajar mengajar.
5.      Evaluasi pembelajaran
Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi mengukur dan menilai. Mengukur berarti membandingkan sesuatu dengan satu ukuran, pengkuran bersifat kuantitatif. Sedangkan menilai adalah mengambil sesuatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk, penilaiannya bersifat kualitatif. Hasil evaluasi pembelajaran merupakan ukuran sejauh mana pembelajaran yang telah dilaksanakan telah mencapai tujuan. Kecuali itu, hasil evaluasi juga bisa dijadikan sebagai acuan setiap pendidik dalam merancang pembelajaran selanjutnya.
Beberapa komponen diatas, sebagaimana dikemukakan oleh Sanjaya (2008: 65) harus dirumuskan secara sinergis dan singkron satu sama lain. Hal ini karena suatu desain pada dasarnya bersifat linier, yang diawali dari penentuan kebutuhan, kemudian mengembangkan rancangan untuk merespon kebutuhan, kemudian rancangan tersebut diuji cobakan dan akhirnya dilakukan proses evaluasi untuk menentukan hasil evektivitas rancangan yang disusun.
Adapun langkah-langkah desain pembelajaran yang baik sebagaimana dikemukakan oleh Oemar Hamalik (2003: 23) adalah sebagai berikut:
a.    Menentukan tujuan pembelajaran PAI, baik secara umum maupun khusus.
b.    Mengidentifikasi kebutuhan, kondisi, dan karakteristik peserta didik.
c.    Menentukan materi pembelajaran.
d.   Menentukan pendekatan, strategi, dan metode yang akan digunakan.
e.    Menentukan media pembelajaran.
f.     Merumuskan evaluasi pembelajaran.

C.      Metode Pembelajaran PAI
Metode pembelajaran adalah suatu modal dan cara yang dapat dilakukan untuk menggelar aktivitas belajar mengajar agar berjalan dengan baik.[1]
Sementara dalam pembelajaran PAI, metode pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dimaknai sebagai suatu cara yang dapat ditempuh untuk mengimplementasikan rancangan pembelajaran pendidikan agama Islam agar terwujud kepribadian muslim sesuai dengan cita-cita pendidikan agama Islam, membentuk akhlak dan pribadi peserta didik sehingga menjadi insan kamil baik secara fisik maupun psikis.
Metode memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, salah satunya tergantung pada metode yang digunakan. Pembelajaran akan berjalan dengan efektif dan efisien, jika pendidik mampu memilih metode yang tepat untuk disuguhkan kepada peserta didik. Namun sebaliknya pemilihan metode yang salah akan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran.
Ada dua faktor yang mempunyai andil dalam menentukan keberhasilan pembelajaran, yakni faktor yang berada diluar kendali guru dan faktor yang berada dalam kendali guru. Faktor yang berada diluar wilayah kendali guru meliputi karakteristik dan latar belakang siswa, kondisi dan kualitas sarana prasarana. Sementara faktor yang termasuk dalam kendali guru meliputi rancangan, sajian dan evaluasi pembelajaran. Faktor-faktor inilah yang sangat terkait dengan metode pembelajaran. Faktor yang berada diluar kendali guru merupakan acuan untuk merancang pembelajaran sehingga terdapat sinergi antara kedua faktor tersebut. Begitu juga dalam menentukan metode pembelajaran harus memperhatikan dan mempertimbangkan faktor yang berada diluar kendali guru.
Oleh karena itu, al-Ghazali sebagaimana dikutip Syamsu Yusuf (2000: 11) menganjurkan kepada para pendidik agar tidak terpaku pada penggunaan satu metode saja dalam pelaksanaan pendidikan anak. Dia menganjurkan agar pendidik memilih metode pendidikan yang sesuai dengan usia dan karakter anak. Disamping itu, perbedaan materi pembelajaran dengan berbagai kekhususannya juga harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. Oleh karenanya, dalam memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat, seseorang pendidik harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut (Zuhairini, 1983: 80).
1.         Tujuan yang berbeda dari masing-masing mata pelajaran sesuai dengan jenis, sifat maupun isi mata pelajaran masing-masing.
2.         Perbedaan latar belakang individual anak, baik latar belakang kehidupan, tingkat usia maupun tingkat kemampuan berfikirnya. Oleh karena itu cara mengajar pendidikan agama untuk tingkat perguruan tinggi tidak dapat disamakan dengan mengajar disekolah dasar.
3.         Perbedaan situasi dan kondisi dimana pendidikan berlangsung, dengan pengertian bahwa disamping perbedaan jenis lembaga pendidikan masing-masing juga letak geografis dan sosio budaya.
4.         Perbedaan pribadi dan kemampuan pendidik masing-masing.
5.         Ketersediaan sarana dan fasilitas yang berbeda-beda baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
Selain mempertimbangkan beberapa faktor diatas, pemilihan metode pembelajaran juga harus mempertimbangkan prinsip-prinsip sebagai berikut (Ginting, 2008: 82):
1.         Tidak ada metode yang paling unggul karena semua metode mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan memiliki kelemahan serta keunggulan masing-masing.
2.         Setiap metode hanya sesuai untuk pembelajaran sejumlah kompetensi tertentu dan tidak sesuai untuk pembelajaran sejumlah kompetensi lainnya.
3.         Setiap kompetensi memiliki karakteristik yang umum maupun yang spesifik sehingga pembelajaran suatu kompetensi membutuhkan metode tertentu yang mungkin tidak sama dengan kompetensi yang lain.
4.         Setiap siswa memiliki sensitifitas berbeda terhadap metode pembelajaran.
5.         Setiap siswa memiliki bekal perilaku yang berbeda serta tingkat kecerdasan yang berbeda pula.
6.         Setiap materi pembelajaran membutuhkan waktu dan sarana yang berbeda.
7.         Tidak semua sekolah memiliki sarana dan fasilitas lainnya yang lengkap.
8.         Setiap guru memiliki kemampuan dan sikap yang berbeda dalam menerapkan suatu metode pembelajaran.
Adapun prinsip-prinsip penentuan metode pembelajaran PAI adalah sebagai berikut (Yusuf dan Anwar, 1997: 7-10)
1.         Prinsip motivasi dan tujuan belajar. Motivasi memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dalam proses belajar mengajar. Belajar tanpa motivasi seperti badan tanpa jiwa. Demikian juga tujuan, proses belajar mengajar yang tidak mempunyai tujuan yang jelas akan tidak terarah. Metode yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran PAI harus memperhatikan motivasi peserta didik serta tujuan pembelajaran PAI yang bermuara pada perbaikan akhlak.
2.         Prinsip kematangan dan perbedaan individual. Semua perkembangan pada anak memiliki tempo yang berbeda-beda, karena itu setiap guru agar memperhatikan waktu dan irama perkembangan anak, motif, intelegensi dan emosi kecepatan menangkap pelajaran, serta pembawaan dan faktor lingkungan. Dalam pembelajaran PAI, kematangan individu dan pengetahuan dasar agama Islam harus diperhatikan oleh pendidik, karena tidak semua peserta didik mempunyai latar belakang agama yang kuat.
3.         Prinsip penyediaan peluang dan pengalaman praktis. Belajar dengan memperhatikan peluang sebesar-besarnya bagi partisipasi anak didik dan pengalaman langsung akan lebih memiliki makna daripada belajar verbalistik. Terlebih dalam pembelajaran PAI, metode yang memberikan pengalaman sangat dituntut agar dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
4.         Integrasi pemahaman dan pengalaman. Penyatuan pemahaman dan pengalaman menghendaki suatu proses pembelajaran yang mampu menerapkan pengalaman nyata dalam suatu proses belajar mengajar. Sebagaimana diketahui, pembelajaran PAI tidak hanya berhenti pada ranah pemahaman semata, tetapi juga harus ditransformasikan kedalam keterampilan beragama yang berujung pada perubahan akhlak dan perilaku peserta didik.
5.         Prinsip fungsional. Belajar merupakan proses pengalaman hidup yang bermanfaat bagi kehidupan berikutnya. Setiap pembelajaran PAI tidak bisa lepas dari nilai manfaat. Manfaat pembelajaran PAI mencakup semua sisi dalam kehidupan manusia, baik dalam kapasitasnya sebagai makhluk pribadi, sosial, maupun makhluk Tuhan.
6.         Prinsip menyenangkan. Belajar merupakan proses yang terus berlanjut tanpa henti, tentu seiring kebutuhan dan tuntutan yang terus berkembang. Berkaitan dengan kepentingan belajar yang terus menerus, maka metode mengajar jangan sampai memberi kesan memberatkan, sehingga kesadaran pada anak untuk belajar.

D.      Media Pembelajaran PAI
Menurut Heinich, media merupakan alat saluran komunikasi. Media berasal dari bahasa latin, merupakan bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti perantara, yaitu perantara sumber pesan dengan penerima pesan.
Media pembelajaran terdiri atas dua unsur penting, yaitu unsur peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsur pesan yang dibawanya (software). Software adalah informasi atau bahan ajar yang aakan disampaikan kepada siswa, sedangkn hardware adalah sarana atau peralaatan yang digunakan untuk menyajikan pesan atau bahan ajar tersebut. Dengan demikian media pembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajika pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan itu, tetapi pesan atau informasi belajar yang dibawakan oleh media tersebut.[2]
Media pembelajaran sangat beragam dan dapat membantu siswa dalam dalam proses pembelajaran. Namun demikian, peran yang dimainkan guru itu sendiri juga menentukan terhadap efektififtas penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran.
Adapun media pembelajaran dapat diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri tertentu, antara lain:
1.      Berdasarkan kemampuan Indra
a.       Media audio
Yaitu jenis media pembelajaran yang menggunakan kemampuan indra telinga atau pendengaran. Jenis media pembelajaran ini menghasilkan pesan berupa bunyi atau suara.
b.      Media visual
Yaitu jenis media pembelajaran yang menggunakan kemampuan indera mata atau penglihatan. Jenis media pembelajaran ini menghasilkan pesan berupa bentuk rupa yang dapatdilihat.
c.       Media audio visual
Yaitu jenis media pembelajaran yang menggunakan kemampuan indera pendengaran dan indra penglihatan. Jenis media pembelajaran ini menghasilkan pesan berupa suara dan bentuk rupa.
2.      Berdasarkan daya atau kemampuan liputannya
a.       Media pembelajaran dengan daya atau kemampuan liputannya luas
Yaitu dapat menjangkau tempat yang luas dengan jumlah orang atau siswa yang banyak. Contohnya radio dan televisi.
b.      Media pembelajaran dengan daya atau kemampuan liputannya terbatas
Yaitu hanya dapat menjangkau tempat atau ruangan tertentu dan terbatas dengan umlah orang atau siswa yang tidak banyak. Contohnya papan tulis, slide, overhead projector (OHP).
3.      Berdasarkan pengguna atau pemakainya
a.       Media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran secara masal atau banyak orang.
b.      Media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran secara individual atau perorangan, misalnya dengan modul.
4.      Berdasarkan dimensinya
a.       Media dua dimensi
Jenis media pembelajaran yang hanya mempunyai dua ukuran yaitu panjang dan lebar. Contohnya ialah poster, bagan dan gambar.
b.      Media tiga dimensi
Jenis media pembelajaran yang minimal mempunyai tiga ukuran yaitu panjang, lebar dan tinggi.
5.      Berdasarkan proyeksinya
a.       Media proyeksi
Jenis media pembelajaran yang bisa diproyeksikan atau dipancarkan dengan menggunakan proyektor sehingga gambarnya dapat terlihat pada layar.
b.      Media tidak diproyeksikan
Jenis media pembelajaran yang tidak bisa diproyeksikan atau dipancarkan.[3]
Adapun nilai dan manfaat media pembelajaran PAI adalah sebagai berikut:
1.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkkan proses dan hasil belajar.
2.      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
3.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Seperti:
a.       Kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam puluhan tahun dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, slide disamping secara verbal.
b.      Kejadian atau percobaan yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media seperti computer, film, dan video
c.       Peristiwa alam seperti meletusnya gunung berapi atau proses yang dalam kenyataan memakan waktu lama seperti proses kepompong menjadi kupu-kupu dapat disajikan.[4]
Untuk mengembangkan media pembelajaran tidak bisa sembarangan, namun harus direncanakan dan memeperhatikan beberapa prinsip berikut ini:
1.      Mudah mendapatkan bahan bakunya, diutamakan yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal siswa atau sekitar sekolah.
2.      Multi guna atau manfaatnya banyak. Media pembelajaran sebaiknya bisa digunakan tidak hanya untuk menjelaskan satu materi pembelajaran, melainkan banyak materi pembelajaran.
3.      Menimbulkan kreatifitas siswa.
Media pembelajaran hendaknya membuat siswa menjadi senang dalam belajar dan mengembangkan daya khayal atau imajinasinya sehingga mereka dapat bereksperimen dan bereksplorasi.
4.      Menarik perhatian, sehingga siswa berminat untuk menggunakannya dan mendapatkan pemahaman dari materi pembelajaran yang disampaikan melalui media pembelajaran tersebut.
5.      Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, baik fisik, mental, atau pikirannya.[5]

E.       Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
1.         Prinsip evaluasi belajar
Untuk dapat melakukan pengukuran dan penilaian secara efektif diperlukan latihan dan penguasaan teori yang relevan dengan tujuan dari proses kegiatan sebagai bagian yang tidak terlepas dari kegiatan pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut perlu diperhatikan prinsip penilaian dari berbagai sumber sebagai dasar dalam pelaksanaan. Menurut (Sudijono, 2011) prinsip evaluasi sebagai berikut:
a)        Valid artinya benar atau apa adanya, menilai apa yang seharusnya dinilai. Pendidik harus mengukur pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi (kompetensi dasar). Reliabel artinya konsisten, penilaian yang cenderung sama apabila dilakukan dalam waktu dan responden yang berbeda.
b)        Menyeluruh
Dalam penilaian dilakukan secara menyeluruh mencakup seluruh domain yang tertuang dalam setiap indikator pencapaian belajar.
c)        Obyektif
Prinsip ini adalah mengandung makna apa adanya, evaluasi belajar terlepas dari faktor yang sifatnya subyektif. Prinsip ini didasari dengan adil, terencana, dan menerapkan kriteria yang jelas dalam pemberian skor.
d)       Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan motivasi, memperbaiki proses dan meningkatkan kualitas proses kegiatan dan menumbuhkan mahasiswa berkembang secara optimal.
2.         Fungsi evaluasi hasil belajar
Secara umum dalam pelaksanaan penilaian berfungsi sebagai berikut:
a.    Mengukur kemajuan
b.    Menunjang penyusunan rencana
c.    Menyempurnakan kembali
Evaluasi dilaksanakan secara berkesinambungan yakni berkelanjutan, dalam hal ini akan membuka peluang bagi evaluator untuk memperkirakan apakah tujuan yang telah dirumuskan dapat tercapai secara menyeluruh atau tidak. Apabila hasil evaluasi yang dicapai tidak sesuai dengan rencana, maka evaluator akan berusaha untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebabnya serta menemukan cara pemecahannya. Bukan tidak mungkin evaluator mengadakan perubahan dan penyempurnaan kembali dari hasil data. Jadi, adanya evaluasi dalam pendidikan untuk melakukan perbaikan. Adapun secara khusus fungsi evaluasi pendidikan menurut (Sudijono, 2011) dapat dilihat dari tiga aspek yaitu :
a)      Fungsi psikologis
Kegiatan evaluasi dapat dilihat dari sisi pendidikan dan peserta didik. Bagi mahasiswa, evaluasi secara psikologis akan memberikan pedoman atau pegangan batin bagi mereka untuk mengenal kapasitas dan statusnya ditengah-tengah kelompok atau kelasnya. Misalnya, dengan dilakukannya evaluasi belajar mahasiswa, maka para mahasiswa akan mengetahui dirinya termasuk dalam kelompok berkemampuan tinggi, rata-rata, atau rendah. Sedangkan bagi pendidik, secara psikologis evaluasi dapat menjadi pedoman dalam menentukan berbagai langkah yang dipandang perlu dilakukan selanjutnya, misalnya menggunakan metode, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan.
b)      Fungsi sosiologis
Evaluasi berfungsi untuk mengetahui apakah mahasiswa sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu disini berarti bahwa mahasiswa dapat berkomunikasi dan beradaptasi terhadap seluruh lapisan masyarakat. Hal ini sangat penting dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dimana kegiatan ini berinteraksi langsung dengan masyarakat.
c)      Fungsi didaktik-metodik
Bagi mahasiswa evaluasi dapat memberikan motivasi untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan prestasi. Bagi pendidik, evaluasi berfungsi untuk membantu pendidik dalam menempatkan mahasiswa pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu pendidik dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya.
d)     Fungsi administratif
Evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan siswa kepada orang tua, pejabat pemerintah yang berwenang, kepala sekolah, guru-guru, dan siswa itu sendiri, memberikan berbagai bahan keterangan (data), dan memberikan gambaran secara umum tentang semua hasil usaha yang dilakukan oleh institusi pendidikan.
3.         Tujuan evaluasi belajar
Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan progamnya. Melalui evaluasi akan diperoleh tentang apa yang telah dicapai dan mana yang belum, dan selanjutnya informasi ini digunakan untuk perbaikan suatu program (Mardapi, 2012).
Secara umum, tujuan evaluasi dalam bidang pendidikan ada dua. Pertama, untuk menghimpun berbagai keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti perkembangan yang dialami oleh para mahasiswa setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, tujuan utama evaluasi dalam pendidikan yakni memperoleh data pembuktian yang akan menjadi petunjuk tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam pencapaian berbagai tujuan kurikuler setelah menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Tujuan umum kedua dari evaluasi pembelajaran adalah mengukur dan menilai efektivitas mengajar serta berbagai metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa (Rizema, 2013).
Selain tujuan umum tersebut, evaluasi juga memiliki beberapa tujuan khusus. Pertama, merangsang kegiatan siswa dalam menempuh program pendidikan. Tanpa evaluasi, tidak mungkin timbul kegairahan pada diri siswa untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasinya masing-masing. Kedua, mencari dan menemukan berbagai faktor penyebab keberhasilan maupun ketidakberhasilan siswa dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat menemukan jalan keluar (Rizema, 2013).
4.    Ruang lingkup evaluasi hasil belajar
Ruang lingkup evaluasi berkaitan dengan cakupan objek evaluasi itu sendiri. Mengingat begitu luasnya cakupan bidang pendidikan, dapat diidentifikasi kedalam tiga cakupan penting, yaitu evaluasi pembelajaran, evaluasi program, dan evaluasi sistem. Hal ini sesuai dengan Pasal 27 ayat 2 UURI No. 20 Tahun 2003, evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang satuan dan jenis pendidikan (Sofan Amri, 2013:211).
Menurut (Arifin, 2012) ruang lingkup evaluasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ruang lingkup evaluasi pembelajaran hendaknya bertitik tolak dari tujuan evaluasi pembelajaran itu sendiri. Jika tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan sistem pembelajaran, maka ruang lingkup evaluasi pembelajaran adalah:
a.    Program pembelajaran
Program pembelajaran ini meliputi: tujuan pembelajaran, isi/materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, lingkungan dan penilaian proses dan hasil belajar.
b.    Proses pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan, yang meliputi: jenis kegiatan, prosedur pelaksanaan setiap jenis kegiatan, sarana pendukung, efektivitas dan efisiensi, dan sebagainya dalam kegiatan kuliah kerja lapangan.
c.    Hasil pembelajaran, baik untuk jangka pendek (sesuai dengan pencapaian indikator), jangka menengah (sesuai dengan target untuk setiap bidang studi/mata pelajaran), dan jangka panjang (setelah siswa terjun ke masyarakat). Dalam hasil pembelajaran disini meliputi tiga domain penilaian yaitu: domain kognitif (pengetahuan), domain afektif (sikap) dan domain psikomotorik (ketrampilan).
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif penilaian proses dan hasil belajar
a.    Sikap dan kebiasaan, motivasi, minat, bakat, yang meliputi: bagaimana sikap mahasiswa terhadap pendidik, mata pelajaran, lingkungan, dan lain sebagainya? Bagaimana tanggung jawab mahasiswa terhadap tugas yang diberikan pendidik? Bagaimana motivasi, minat, dan bakat dalam kegiatan ini?
b.    Pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKL melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
c.    Kecerdasan, mahasiswa mampu memecahkan masalah dalam kegiatan dilapangan.
d.   Ketrampilan.





















BAB III
KAJIAN OBJEK KKL

A.    Data Umum
1.         Letak Geografis
MTs N 1 Kota Malang berdiri pada tanggal 1 Januari 1978. Tanah madrasah sepenuhnya milik negara dalam hal ini di bawah Departemen Agama. Luas areal seluruhnya 6.295 m2, sedangkan luas bangunannya adalah 3479,8 m2. MTs Negeri 1 Kota Malang berlokasi di jalan Bandung nomor 7 Malang. Adapun di jalan Bandung nomor 7 yang merupakan lokasi strategis dihuni oleh 3 jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah yang kini telah menjadi madrasah terpadu. Awal terbentuknya tiga jenjang madrasah tersebut, dengan adanya SK Menteri Agama nomor 15/Th. 78, 16/Th. 78 dan 17/Th. 78 yang menetapkan SD latihan PGAN 6 tahun menjadi MIN Malang I, dan kelas I, II, III PGAN 6 tahun menjadi MTs N Malang I sekarang Menjadi MTs N 1 Kota Malang. Demikian juga kelas IV, V, VI PGAN 6 tahun saat ini masih disebut sebagai PGA. Tetapi setelah seluruh kelas dapat selesai (tamat) dirubah fungsinya menjadi MAN 3 Malang.









2.         Visi Misi

VISI
Menjadi madrasah berkualitas unggul dalam IMTAQ dan IPTEK yang berstandar Internasional.

MISI
a.       Menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan Sistem Pendidikan Nasional dan berstandar Internasional,
b.      Menyelenggarakan pendidikan yang dilandasi nilai keislaman dan seni budaya bangsa,
c.       Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan sesuai standar nasional dan internasional,
d.      Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, berbasis ICT dengan menggunakan bahasa Inggris,
e.       Melaksanakan pengembangan institusi berdasar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM),
f.       Meningkatkan budaya hidup sehat untuk mewujudkan generasi yang kompetitif,
g.      Mewujudkan lulusan yang berakhlakul karimah, berkualitas, dan berwawasan global,
h.      Mewujudkan madrasah yang terakreditasi (ISO),

3.         Sejarah/ Historis
Periode pertama tahun 1979-1991. Drs. H. Muh. Muhdi (Kepala Madrasah Pertama)
MTs Negeri 1 Kota Malang memulai kiprahnya dengan menempati kelas-kelas yang berukuran +7x7 meter; setiap kelas menampung rata-rata 42 siswa dengan 4 kelas paralel untuk  kelas I dan II. Sedangkan untuk kelas III ada 3 kelas paralel. Situasi ruang yang memang tidak di pola untuk kelas. Sebenarnya ruang belajar siswa PGA yang dulu di tampung di asrama sudah barang tentu sangat tidak kondusif. Pengembangan belum bisa dilaksanakan karena dana tidak mendukung. Input siswa dari golongan ekonomi menengah ke bawah, bahkan dari golongan ekonomi lemah pun banyak. Sehingga swadaya BP.3 untuk pengembangan madrasah belum dapat diharapkan.

Periode ke dua tahun 1991-1992. Drs. H. Untung Saleh (Kepala Madrasah ke dua)
Situasi masih tetap, namun sudah diusahakan adanya kejelasan lokasi yang  pada saat perubahan struktur dahulu belum diperjelas. Maka pada periode ke 2 ini mulai diperjelas. Namun belum berhasil usahanya telah ada pergantian, karena Kepala Madrasah dipindah tugaskan menjadi  Kepala MAN 3  Malang.

Periode ke tiga tahun 1992-1994. Drs. Ridwan Adnan (Kepala  Madrasah ke tiga)
Melanjutkan usaha pemimpin sebelumnya dan mulai menambah rombongan kelas. Pada tahun 1994 dilakukan perpindahan lokasi sehingga berdampingan dengan MIN Malang I. Kelas satu ada 6 kelas paralel sehingga ruang kelas yang ada masih kurang. Diadakan kelas sore, kendalanya siswa tidak bergairah belajar, akhirnya hasil tidak maksimal. Selanjutnya terjadi mutasi, yaitu Kepala MTs N 1 Kota Malang dipindahkan ke MTs N Malang II. diganti oleh Kepala MIN Malang I.

Periode ke empat tahun 1994-2000. Drs. H. Abdul Djalil. M.Ag. (Kepala Madrasah ke empat)
Banyak sekali kemajuan yang diraih, boleh dikatakan pada saat periode keempat inilah awal kemajuan MTs Negeri 1 Kota Malang. Perjuangan memajukan MTs Negeri 1 Kota Malang  dilakukan dengan berbagai upaya, antara lain mengenalkan lembaga kepada masyarakat luas, yang pada saat itu belum banyak dikenal. Selanjutnya dilakukan pembenahan sistem pembelajaran, disiplin dan keadaan fisik bangunan.
Pada periode ini MTs N 1 Kota Malang mulai menjadi perhatian masyarakat dan dianggap sebagai pendidikan berbasis agama Islam yang memiliki kualitas sejajar dengan sekolah umum lainnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pendaftar.

Periode ke lima tahun 2000-2008. Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag (Kepala Madrasah ke lima)
Memasuki tahun 2000, perhatian masyarakat terhadap MTs N 1 Kota Malang  terus meningkat. Nama madrasah sudah mulai diperhitungkan. Untuk mengimbangi perhatian masyarakat tersebut dilakukan perubahan wajah  gedung madrasah dan pembenahan lingkungan. serta pengadaan unit-unit usaha yang dikelola koperasi karyawan  yaitu  unit usaha, wartel, pertokoan, foto kopi dan warnet. Semua itu sangat menarik perhatian masyarakat yang kebetulan membutuhkan jasa dari unit usaha tersebut. Dengan demikian sekaligus unit-unit usaha itu sebagai alat promosi yang juga mendatangkan penghasilan.
Sebagai upaya meningkatkan kualitas dilakukan pembenahan dan peningkatan mulai dari bidang pelayanan masyarakat, sistem pembelajaran, kedisiplinan, hingga sarana dan prasarana pendidikan. Upaya ini dilakukan dengan dibukanya program akselerasi dan bilingual. Sedangkan untuk semakin meningkatkatkan kualitas pendidikan di MTs N 1 Kota Malang  dilaksanakan kerjasama dengan pra orang tua siswa; dalam bentuk Komite Madrasah dan Parent of Class Organication (POCO), dan Dunia Usaha dan Industri (DUDI).

Periode ke enam tahun 2008-September 2014. Dra. Binti Maqsudah. M.Pd. (Kepala Madrasah Periode ke enam)
Kepercayaan dan perhatian masyarakat terhadap MTs N 1 Kota Malang semakin tinggi. Sehingga ruang belajar semakin tidak mencukupi. Dengan demikian ditambah beberapa ruang belajar, dan karena banyaknya peminat maka hanya sekitar 20% saja yang dapat diterima sebagai peserta didik baru. Peningkatan kualitas terus dilakukan hingga MTs N 1 Kota Malang oleh Kementerian Agama RI ditetapkan sebagai RMBI (Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional) pertama dan dijadikan sebagai pilot project di Indonesia dengan SK (yang sekarang status tersebut dihapuskan kembali seiring dengan peraturan Kemendiknas yang menghapuskan tentang keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Pelayanan terhadap masyarakat juga ditingkatkan dengan dibangunnya Ma’had (asrama untuk siswa) dengan berbagai program keagamaan yang disediakan khususnya bagi para siswa dari luar kota dan provinsi.

Periode ke tujuh sejak 3 Sptember 2014-sekarang. Drs. H. Samsudin. M.Pd. (Kepala Madrasah Periode ke tujuh)
Dengan tekad kebersamaan dari mulai pimpinan, seluruh staf dan dewan guru, kemajuan MTs N 1 Kota Malang akan terus diupayakan peningkatannya. Hingga meskipun bersamaan dengan dilaksanakannya cuti oleh kepala madrasah untuk melaksanakan ibadah haji. Akreditasi MTs N 1 Kota Malang tetap dilaksanakan yang kemudian dilakukan visitasi oleh assessor Badan Akreditasi Propinsi (BAP)  pada tanggal 18 Oktober 2014, dengan hasil nilai A.
Rencana peningkatan manajemen Madrasah terus ditingkatkan hingga terlaksananya visitasi ISO 9001:2008, IWA2:2007. Demikian riwayat singkat berdiri dan berkembangnya MTs N 1 Kota Malang hingga saat ini.

4.         Struktur Kurikulum
MTs Negeri 1 Kota Malang menggunakan Program Madrasah (promad) Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh madrasah. Kurikulum 2013 MTs Negeri 1 Kota Malang ini merupakan pedoman bagi seluruh civitas akademika MTs Negeri 1 Kota Malang dalam menjalankan aktivitas di madrasah, agar penyelenggaraan madrasah dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mencapai tujuan madrasah.
Di MTs Negeri 1 Kota Malang memiliki tiga program khusus dan satu program reguler, yaitu:
a.    Sistem SKS 4 semester/akselerasi, yaitu program yang hanya ditempuh 2 tahun telah selesai
b.    Pengembangan keolimpeadean, seperti MTK, fisika, dan biologi.
c.    Pengembangan potensi bahasa Inggris/bilingual
d.   Satu program reguler (ada satu kelas unggulan)
Berikut jatwal pembelajaran di MTs N 1 Kota Malang:
PUKUL
KEGIATAN
06.40 - 07.00
Sholat Dluha (secara bergiliran sesuai jadwal) dan do’a
07.00 - 09.40
Kegiatan Belajar Mengajar
09.40 - 10.00
Istirahat
10.00 - 12.00
Kegiatan Belajar Mengajar
12.00 - 13.10
Ishoma
13.10 - 14.30
Kegiatan Belajar Mengajar
14.30 - 15.00
Sholat ashar berjamaah
Catatan :
ü  Hari Jum’at
·      KBM berakhir jam VI, dilanjutkan sholat Jum’at di Masjid Al-Fajr MTs N Malang I dan ekskul.
ü  Hari Sabtu
·      KBM berakhir pada Jam VII, dilanjutkan sholat dluhur berjamaah dan kegiatan ekskul.

a.    Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum MTs N 1 Kota Malang memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
a.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
c.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
d.      Kelompok mata pelajaran estetika
e.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Realisasi dari tiap kelompok mata pelajaran tersebut dituangkan dalam kegiatan pembelajaran. Artinya aplikasi dari setiap cakupan kelompok mata pelajaran dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang terkait. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut:
No
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1111               
Agama dan Akhlaq Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlaq mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlaq mulia. Akhlaq mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2
Kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela Negara, penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta prilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
3
IPTEK
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5
Jasmani olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerjasama, dan hidup sehat. Budaya hidup  sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoaba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Dengan memperhatikan standard kompetensi lulusan dan standard kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh BSNP maka penyusunan Struktur kurikulum di MTs N 1 Kota Malang akan diuraikan berikut ini:
Struktur kurikulum kelas V11, V111, dan 1X
1)      Kurikulum kelas terdiriatas
a)      12 mata pelajaran
b)      Muatan lokal (karya ilmiah siswa)
c)      Pengembangan diri ( BK )
2)      Sekolah menambah alokasi waktu untuk mata pelajaran: Matematika, dan IPA. Jam pembelajaran untuk mata pelajaran selain yang ditambahkan jamnya tersebut dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Khusus untuk Al-Islam meliputi : SKI, Agidah Akhlaq, Fiqih, dan Qur’an Hadits, sedangkan Bahasa Arab memiliki alokasi waktu 2 jam pembelajaran.
3)      Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit dan Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Struktur Kurikulum MTs N 1 Kota Malang

KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI
WAKTU


A. Mata Pelajaran
VII
VIII
IX


1.
Al-Qur’an Hadis
2
2
2


2.
Aqidah Akhlaq
2
2
2


3.
Fiqih
2
2
2


4.
SKI
1
1
1

2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2







3.
Bahasa Indonesia
4
4
4







4.
Bahasa Inggris
4
4
4







5.   Bahasa Arab
2
2
2


6.
Matematika
4*)
4*)
4*)







7.
Ilmu Pengetahuan Alam
4*)
4*)
4*)







8.
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4







9.   Seni Budaya
2
2
2








10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2








11. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2








B.  Muatan Lokal
2
2




Karya Ilmiah Siswa



Tartil
1
1







C. Pengembangan Diri
2**)
2**)
2**)


BK









Jumlah











*)   Tambahan alokasi jam pelajaran
**) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
b.    Muatan kurikulum
Muatan Kurikulum MTs N 1 Kota Malang meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan oleh BSNP, Depag, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah serta kegiatan pengembangan diri.
1)      Mata Pelajaran
Mata  pelajaran  terdiri  dari  mata  pelajaran: Al-Islam,   Bahasa  Arab,  Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Penjasmani, Seni & Budaya, dan Teknologi Informasi Komunikasi.
2)      Muatan Lokal
Letak strategis MTs N 1 Kota Malang yang berada di kawasan pendidikan dan seiring dengan program kota Malang sebagai kota pendidikan khususnya dalam hal penulisan karya ilmiah siswa yang sangat digalakkan oleh Diknas tentunya akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, program Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi dan potensi MTs N 1 Kota Malang.
Program Muatan Lokal disusun secara bertahap dan terprogram dengan target akhir siswa menghasilkan tugas akhir berupa penelitian ilmiah sederhana yang bersifat orsinil dan dapat dberkompetitif di tingkat Nasional. Muatan Lokal ini ini juga sekaligus merupakan unggulan MTsN Malang I sesuai dengan visi kota Malang TERWUJUDNYA KOTA MALANG YANG MANDIRI, BERBUDAYA, SEJAHTERA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN dengan program Tribina Cita Kota Malang ( Pendidikan, Industri, dan pariwisata).
Muatan Lokal tersebut bertujuan menyiapkan siswa untuk terampil dalam melakukan penelitian sederhana/karya ilmiah dan menjadikan bekal pada jenjang selanjutnya. Hal ini sesuai dengan prestasi MTs N 1 Kota Malang yang selalu unggul dan menjadi juara umum dalam hal penelitian ilmiah remaja di tingkat kota Malang, selain memang menjadi program unggulan madrasah. Muatan lokal MTs N 1 Kota Malang adalah Karya Ilmiah Siswa. Dan Wajib bagi semua siswa kelas VII hingga kelas IX. Alokasi waktu 2 jam pelajaran.
c.       Kegiatan pengembangan diri
Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan.
Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini:
1)      Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 2 jam tatap muka, yaitu:
a)      Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik. Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan.
b)      pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler) diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya secara reguler setiap hari Sabtu, yaitu: bola voley, bola kaki, pramuka, dan Palang Merah Remaja (PMR)
2)      Program Pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik.
Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.Penilaian kegiatan pengembangan diri dengan memperhatikan aspek karakteristik keragaman peserta didik. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian.
d.   Pendidikan kecakapan hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh sekolah merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian, materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang emban oleh mata pelajaran yang bersangkutan.
e.    Beban belajar
Sekolah menetapkan beban belajar peserta didik sebagai berikut:
1)   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
2)   Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 0-50% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
3)   Alokasi waktu untuk praktik adalah satu jam tatap muka setara dengan dua jam kegiatan praktik di sekolah atau empat jam praktik di luar sekolah.

5.         Keadaan Siswa
MTs N 1 Kota Malang termasuk dalam kategori Madrasah yang banyak diminati karena berbagai prestasi yang sudah diraih dari berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2016 saja MTs N 1 Kota Malang sudah berhasil meraih 130 prestasi, berikut tabel prestasi siswa-siswi MTs N 1 Kota Malang tahun 2016.
NO
TINGKAT
JUMLAH
1
Internasional
3
2
Nasional
20
3
Jawa dan Jawa Timur
34
4
Kota dan Malang Raya
73

TOTAL
130




SSumber: Data administrasi siswa MTs N 1 Kota Malang

Pendaftaran siswa baru MTs N 1 Kota Malang dilakukan berdasarkan kriteria dan seleksi tertentu sehingga diperoleh input yang berkualitas. Banyak pendaftar yang bahkan mendaftar jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka, namun MTs N 1 Kota Malang hanya menampung kurang lebih 300 siswa pertahunnya. Derikut data siswa-siswi MTs N 1 Kota Malang saat ini.
Kelas
Rombel
Laki-laki
Perempuan
Total
7
13
175
197
372
8
12
157
166
323
9
10
115
163
278
Jumlah
35
447
526
973
Sumber: Data administrasi siswa MTs N 1 Kota Malang
Untuk membentuk karakter siswa MTs N 1 Kota Malang yang tahan banting dan berdisiplin tinggi, MTs N 1 Kota Malang membuka berbagai kegiatan di luar pembelajaran baik intra maupun ekstra kulikuler yang dapat diikuti siswa serta di madrasah juga disediakan asrama siswa yaitu Ma’had Al Madani.

6.         Guru dan Karyawan
Saat ini kondisi MTs N 1 Kota Malang sudah tertata dengan baik, sumber daya manusia yang meliputi personalia MTs N 1 Kota Malang terdiri dari 94 orang, yang meliputi guru dan karyawan. Dalam melakukan rekrutmen guru dan karyawan MTs N 1 Kota Malang selalu terbuka dan profesional. Berikut data guru dan karyawan MTs N 1 Kota Malang.
Jabatan
PNS
Non-PNS
Total
Guru
50
16
66
Pegawai
17
11
28
Jumlah
67
27
94




Tenaga guru PNS untuk test seleksi sampai di terima jadi pegawai, ditentukan oleh Kementerian Agama, dengan SK yang diterbitkan Kementerian Agama. Sedang untuk guru  Non PNS, SK dari Kepala Madrasah dengan masa berlaku 1 (satu) tahun.
Dalam perekruitan tenaga dan untuk memperoleh tenaga yang berkualitas tahap-tahap yang dilalui:
a.    Sepanjang tahun surat lamaran bisa masuk masuk ke madrasah
b.   Lamaran yang masuk di seleksi
c.    Bagi yang lolos seleksi akan dilanjutkan test
Test yang dimaksud adalah : TPA, TPK, Micro teaching, Test Psikologi dan Wawancara
d.   Bagi yang lulus test dinyatakan diterima dan menandatangani surat kesediaan kerja dengan ketentuan 3 bulan masa percobaan
e.    Setelah masa percobaan di anggap baik maka diberi SK yang dikeluarkan oleh madrasah dengan masa 1 tahun dan diusulkan ke Kanwil untuk mendapat SK GTT.
Setiap tahun ajaran baru  diadakan  pembaharuan  kesanggupan bekerja. Sedang yang tidak sanggup dipersilahkan membuat surat permohonan  berhenti atau keluar, untuk dibuatkan atau diterbitkan surat pengalaman kerja.

7.         Komite Sekolah/ Madrasah
Komite Madrasah merupakan sebuah unsur gabungan yang didalamnya terdapat perwakilan orang tua siswa dan perwakilan Madrasah yang bekerjasama untuk mendukung perkembangan dan kemajuan MTs N 1 Kota Malang. Diantara bentuk dukungan tersebut adalah:
a.    Membantu manajemen Language Development Program.
b.    Membantu pembiayaan kegiatan insidental yang tidak tercover oleh anggaran DIPA.
c.    Bekerjasama dengan Madrasah dalam merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan motivasi bagi siswa.










 





B.       Data Khusus
1.      Penerapan Materi dan Kurikulum PAI
Penerapan dan Kurikulum yang digunakan di MTs Negeri 1 Kota Malang adalah kurikulum 2013 dengan sistem full day school, kecuali hari jumat dan sabtu.
Ruang lingkup pendidikan agama islam meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan AllahSWT, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Dalam ruang lingkup PAI materi yang diajarkan meliputi:
a)       Fiqh
b)      Akidah Akhlak
c)      Al-Qur’an Hadist
d)     SKI.
Keempat mata pelajaran ini diikut sertakan dalam UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berbasis Nasional) dan ditambah satu mata pelajaran yaitu bahasa arab. Untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, Fiqh, dan Akidah Akhlak adalah 40 menit x 2, sedangkan untuk mapel SKI hanya 40 menit x 1 jam pelajran. Strategi pembelajaran PAI yang paling banyak digunakan adalah teori dan praktek.
Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik serta sesuai dengan kompetensi-kopetensi yang ada maka waka Kurikulum mengambilsauatu langkah-langkah ataupun strategi untuk mencapai tujuan dari pembelajaran PAI. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
a)        Melakukan perencanaan kependidikan kaitannya dengan RAPBS di awal tahun.
b)        Melakukan evaluasi bulanan terhadap perencanaaan pembelajaran yang telah dibuat.
c)        Akhir semester malakukan rapat evaluasi tentang program-program kependidikan yang sudah direncanakan baiak yang sudah terealisasi maupun yang belum terealisasi guna mencari solusinya.
d)       Pembiasaan siswa dengan ritual-ritual keagaman setiap harinya diluar kelas dan KBM, seperti, shalat dhuha, membaca Al-qur’an bersama, shalat dzuhur dan ashar berjamah, dalam rangka membentuk karakter siswa.
Sebagai wujud dari pelaksanaan program waka kurikulum, kiranya hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
a)      Penataan lingkungan demi eksistensi sekolah
Yaitu dengan memperhatikan tata kelola bangunan yang disesuaikan dengan lingkungan sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan memiliki daya tarik bagi masyarakat yang melihatnya.
b)      Peningkatan SDM, terutama Guru
Untuk meningkatkan kompetensi guru agar memiliki kemampuan yang diharapkan, pihak sekolah sering mengadakan seminar, workshop, study banding pada masa tengah semester. Sehingga pada jeda waktu pembelajaran ini, para guru lebih difokuskan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Para narasumber pun beragam, tidak hanya tokoh-tokoh tertentu, tetapi juga terkadang mengundang wali murid yang memiliki skill tertentu sebagai narasumber.
c)      Mengoptimalkan pembelajaran
Dalam hal ini, diharapkan selama KBM berlangsung jangan sampai ada kelas yang kosong. Artinya, ketika ada seorang guru yang tidak bisa hadir,maka guru tersebut harus memberi kabar kepada pihak sekolah agar jadwal mengajarnya dapat digantikan oleh guru yang lain.
d)     Memberdayakan potensi orang tua dan masyarakat
Pihak sekolah selalu melibatkan para orang tua dan masyarakat dalam mengambil suatu kebijakan baru, peran orang tua dibutuhkan karena mrekalah yang lbih paham tentang anak seperti hobi,ksukaan dll, sehingga ketika pihak sekolah ingin mengadakan ektrakurikuler, memang benar-benar sesuai dngan bakat dan kebutuhan siswa,peran masyarakat juga diperlukan guna semakin menjaga hubungan yang harmonis antara pihak sekolah dan masyarakat sekitar.
Dalam proses penilaian dalam pembelajaran MTs N 1 Kota Malang menggunakan 4 kriteria, diantaranya:
a)      Melalui proses pembelajaran
b)       Standar KKM (76)
c)       Evaluasi tengah semster
d)     Melibatkan orang tua

2.      Implementasi Desain Pembelajaran PAI
Desain pembelajaran adalah rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan.
Hal ini sesuai dengan pendapat Kenneth D Moore, bahwa komposisi format rencana pembelajaran meliputi beberapa komponen diantaranya adalah sebagai berikut :
a)      Topik bahasan
b)      Tujuan pembelajaran
c)      Materi pelajaran
d)     Kegiatan penbelajaran
e)      Alat atau media yang dibutuhkan
f)       Evaluasi hasil belajar
Desain sistem pembelajaran terus tumbuh sebagai suatu bidang yang dapat dimanfaatkan untuk merancang program pembelajaran dan pelatihan. Desain sistem pembelajaraan diharapkan mampu menghasilkan SDM yang terampil dan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan hasil belajar yang optimal.
Desain sitem pembelajaran tidak hanya berperan sebagai pendekatan yang terorganisasi untuk memproduksi dan mengembangkan bahan ajar tetapi juga merupakan sebuah proses generic yang dapat digunakan untuk menganalisis masalah pembelajaran dan kineja manusia serta menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
Desain pembelajaran MTs N 1 Kota Malang, menganut model desain sistem pembelajaran yang berorientasi sistem. Di MTs N 1 Kota Malang sudah memberlakukan sudah memberlakukan sistem pembelajaran ini, karena sudah didukung SDM yang baik dan guru yang profesional dibidangnya, serta fasilitas yang memadai, untuk mewujudkan peserta didik yang berpribadi muslim yang unggul, inklusif, berwawasan global dan ramah lingkungan.
Para guru di MTs N 1 Kota Malang diharapkan mampu menumbuhkan situasi proses belajar mengajar yan aktif, kreatif, dan merangsang minat belajar siswa dengan rasa senang dan nyaman.
Implementasi belajar PAI di MTs N 1 Kota Malang menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat nyaman dan menyenangkan. Dengan strategi pembelajaran ini diharapkan guru dan peserta didik dapat melakukan poses belajar mengajar dengan baik.

3.      Aplikasi Metode Pembelajaran PAI
Metode adalah cara  yang teratur dan terpikir yang terbaik untuk mencapai maksud (dalam ilmu pengetahuan dan sebagainya), cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Adapun metode pembelajaran PAI yang dipakai di MTs N1 Kota Malang adalah:
a)      Metode Pembelajaran Kelas.
1)      Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuann secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ini disebut juga dengan metode pidato. Di MTs N 1 Kota Malang ini meggunakan metode ini  dengan tujuan agar pentrasferan ilmu bisa merata menyentuh siswa, walaupun ada beberapa kekurangan di metode ini, seperti: guru lebih aktif sedangkan murid lebih pasif karena perhatian hanya terpusat  pada guru saja, tapi di sisi lain metode ceramah justru merangsang guru untuk lebih berwawasan luas.
2)      Metode Penugasan.
Suatu cara mengajar dengan cara memberikan  sejumlah tugas yang di berikan guru  kepada murid dan adanya pertanggung jawaban terhadap hasilnya. Tugas tersebut dapat berupa:
-          Mempelajari bagian dari suatu teks buku.
-          Melaksanakan sesuatu yang tujuannya untuk melatih kecakapannya.
-          Melaksanakan eksperimen.
-          Metode ini dapat di terapkan pada semua Standar Kompetensi.
b)      Metode Pembelajaran Pada Kegiatan Keagamaan.
1)      Metode Praktek.
Metode ini sesuai dengan namanya , lebih menekankan  pada kemampuan praktek. Mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik  menggunakan alat atau benda seperti di peragakan, dengan harapan anak didik akan menjadi lebih, mudah dan jelas sekaligus dapat  mempraktekkan materi yang di maksudkan. Di Mts N 1 Kota Malang metode ini diterapkan dengan kegiatan rutin warga sekolah dengan ritual-ritual keagamaan yag telah dijadwalkan.
2)      Metode kerjasama.
Upaya saling membantu antara dua orang atau lebih, antara individu dengan kelompok lainnya dalam melaksanakan atau menyelesaiakan problema yang di hadapi dan menggarap berbagai program yang bersifat prospektif, guna mewujudkan kemaslahatan dan kesejahteraan bersama. Pengaplikasian metode ini di Mts N 1 Kota Malang untuk menyempurnakan metode praktik  yang sudah di lakukan pada kegiatan-kegiatan keagamaan  Mts N 1 Kota Malang.
c)      Metode  Pembelajaran Pesantren (Ma’had Madani ) Mts N 1 Kota Malang.
Metode Drill
Metode drill siap di maksudkan untuk memperoleh ketangkasan atau keterampilan latihan terhadap apa yang di pelajari, karena hanya dengan melakukan secara praktis suatu pengetahuan dapat di sempurnakan.
Langkah –langkah Mts N 1 Kota Malang menerapakan metode drill ini dengan cara sebagai berikut :
-          Harus di usahakan latihan tersebut jangan sampai membosankan anak didik, seperti  memberikan tes imla’ dan tes tulis serta tes wawancara dengan di temani orang tua murid.
-          Latihan di atur sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian peserta didik.
-          Agar anak didik tidak ragu, maka anak didik lebih dahulu di berikan pengertian dasar tentang materi yang akan di berikan dengan cara  PAKEM ( Pembelajaran efektif, Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan) nya Mts N 1 Kota Malang.

4.      Media dan Alat Pendidikan bidang studi PAI
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan yang dimanfaatkan untuk pelatihan.
Sedangkan pengertian Sarana dan Prasarana Kantor Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan; alat. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Antara sarana dan prasarana tidak terlalu jauh berbeda, karena keduanya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Untuk membedakannya, sarana lebih ditujukan kepada benda-benda yang bergerak, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak.
Ketersediaan media pembelajaran sarana dan prasarana dalam suatu sekolah mempunyai peran penting dalam terlaksanya kegiatan belajar mengajar. Media Pembelajaran dan Sarana Prasarana di MTs N 1 Kota Malang ini sudah terbilang lengkap guna memenuhi kebutuhan peserta didik dan untuk menunjang kegiatan pembelajaran sehari-hari.
Gedung yang megah adalah buktinya. Di MTs ini ada gedung dengan tiga tingkat dan ada pula yang sampai empat tingkat dengan warna kuning cerah mendominasi dari ujung ke ujung, atas dan bawah. Tahun 2016/2017 total pendidik dan karyawan adalah 94 orang dan siswa sebanyak 973. Selain sekolah umum sesuai Kementrian Agama disini juga ada pesantren dengan nama “Ma’had Madani” dan sekarang ada 200 siswa yang ikut mondok di pesantren tersebut.
Adapun sarana yang menunjang proses pembelajaran di MTs N 1 Kota Malang adalah:
a.    Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran. Seperti alat praktek sholat dan gambar tata cara wudlu.
b.   Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
c.    Buku adalah karya tulis yang diterbitkan sebagai sumber belajar, meliputi: Buku teks pelajaran adalah buku pelajaran yang menjadi pegangan peserta didik dan guru untuk setiap mata pelajaran.Buku pengayaan adalah buku untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan guru. Buku referensi adalah buku rujukan untuk mencari informasi atau data tertentu. Juga disediakan kitab suci Alquran guna untuk praktek membaca Alquran atau kegiatan lainnya.
d.   Sumber belajar lainnya adalah sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi jurnal, majalah, surat kabar, poster, situs (website), dan compact disk.
Sedangkan prasarana yang menunjang proses pembelajaran di MTs N 1 Kota Malang adalah:
a.       Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus. Dalam KBM, para siswa dibagi menjadi 4 kelas: Reguler, Bilingual, Akselerasi dan Olimpiade. Semua kelas dipasangi CCTV dan sebagian sudah ber-AC.
b.      Ruang perpustakaan adalah ruang untuk menyimpan dan memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka. Di MTs ini perpusnya ada 2: manual dan digital.
c.       Ruang laboratorium adalah ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus. Di MTs ini ada 5 laboratorium, yaitu Laboratorium Bahasa, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Komputer (CPU, All in one, laptop) dan Laboratorium Agama (masjid).
d.      Ruang pimpinan adalah ruang untuk pimpinan melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah.
e.       Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu.
f.       Ruang konseling adalah ruang untuk peserta didik mendapatkan layanan konseling dari konselor berkaitan dengan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.
g.      Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
h.      Masjid Al-Fajr adalah tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah pada waktu sekolah sesuai yang diprogramkan oleh madrasah.
i.        Ruang organisasi kesiswaan adalah ruang untuk melakukan kegiatan kesekretariatan pengelolaan organisasi peserta didik.
j.        Toilet adalah ruang untuk buang air besar dan/atau kecil.
k.      Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
l.        Ma’had Al Madani adalah asrama untuk siswa yang ingin mendalami literature-literatur agama. Dan saat ini santri Ma’had Al Madani ditempati kurang lebih 200 santri.
m.    Aula yang berfungsi sebagai tempat pertemuan atau acara-acara tertentu.

5.      Pelaksanaan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
Evaluasi belajar adalah suatu komponen dalam system pengajaran itu sendiri dan merupakan implementasi kurikulum sebagai upaya untuk menciptakan belajar dikelas. Fungsi utama evaluasi dalam kelas adalah untuk menentukan hasil-hasil urutan mengajar, hasil-hasil dicapai langsung bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target selain dari itu evaluasi juga berfungsi menilai unsure-unsur yang relevan pada urutan perencanaan dan pelaksanaan pengajaran. Itu sebabnya evaluasi menempati kedudukan penting dalam rancangan kurikulum dan rancangan pengajaran. Tujuan evaluasi untuk memperbaiki pengajaran dan penguasaan tujuan tertentu dalam kelas.
Penentuan teknik evaluasi bergantung pada jenis informasi yang di harapkan, apakah mengenai hasil perubahan tingkah laku/ tentang operasi pelaksanaan sistem instruksional. Sumber-sumber informasi meliputi :
a)      Hasil dari assessmen terhadap siswa
b)      Kuesioner dan wawancara dengan siswa
c)      Observasi terhadap pelaksanaan system instruksional
d)     Umpan balik dari staf pengajar yang langsung terlibat dalam system instruksional
e)      Umpan balik dari orang-orang yang tak langsung terlibat dengan system instruksional
Setiap teknik tersebut memiliki peran penting dalam pelaksanaan evaluasi formatif dan sumatif. MTs N 1 Kota Malang, teknik evaluasi meliputi : tes lisan, tugas tertulis, ketrampilan, penugasan forto folio, nilai sikap dan tanggung jawab siswa, berdasarkan teknik penilaian kurikulum 2013.

BAB IV
PEMBAHASAN

A.    Faktor Pendukung
Beberapa faktor pendukung yang dapat menjadikan implementasi pembelajaran PAI yang ideal di MTs N 1 Kota Malang adalah:
1.      Kualitas dan kuantitas sekolah yang sangat memadai
2.      Tata tertib yang di terapkan di Madrasah telah dijalankan se-Optimal Mungkin
3.      Komunikasi yang baik antara guru dengan siswa
4.      Proses belajar yang sangat operasional
5.      Lingkungan sekolah yang indah dan bersih sehingga membuat seorang siswa semangat dalam belajar
6.      Semangat  dan  profesionalisme guru dalam mengajar.
7.      Tersedianya sumber daya manusia yang memadai sebagai pengelola pendidikan.
8.      Penerapan sistem dan model pengajaran yang menyenangkan dan mengacu pada model pendidikan agama islam.
9.      Tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang sebuah proses pembelajaran.

B.     Faktor Penghambat
Beberapa faktor penghambat yang dapat menjadikan implementasi pembelajaran PAI MTs N 1 Kota Malang menjadi terhambat, adalah:
1.    Terlambatnya seorang murid maupun guru  karena kemacetan atau faktor-faktor yang lain di MTs N 1 Kota Malang.
2.    Faktor-faktor penghambat yang datang dari orang tua yang  sering sibuk, sehingga anak kurang mendapatkan perhatian terlebih-lebih dalam urusan sekolah. 
3.    Karena siswa yag begitu banyak maka tidak semua kegiatan siswa dapat terpantau oleh guru dan kedekatan guru dengan siswa agak kurang.
4.    Tingkat kemalasan seorang murid dalam mengikuti KBM maupun mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh Guru terhadap murid di MTs N 1 Kota Malang dalam belajar.
5.    Masa transisi siswa MTs N 1 Kota Malang yang masih rentan dan labil.

C.    Upaya Mengatasi Hambatan
Berdasarkan pemaparan diatas adapun upaya mengetasi hambatan yang dapat penulis tawarkan kepada MTs N 1 Kota Malang adalah:
1.      Pihak Madrasah selalu mengadakan pelatihan-pelatihan bagi Guru dan Karyawan di Madrasah agar lebih bisa meningkatkan kualitas sebagai tenaga pendidik dan tenaga administrasi di sebuah Madrasah.
2.      Seorang guru harus lebih berperan aktif dalam memberikan saran-saran dan juga nasehat  untuk menjadikan diri seorang murid yang berdisiplin tinggi, bertanggung jawab dan ber kepribadian Islami  baik di MTs N 1 Kota Malang.
3.      Seorang Guru harus bisa menjadi teladan yang baik bagi semua siswanya, baik dari segi kedisiplinan, kesopanan, maupun dalam hal yang lain.
4.      Guru harus sering melakukan kontak sosial dengan  murid  agar lebih mengerti kepribadian masing-masing anak, dan memberikan kenyamanan bagi siswa  sehingga Guru bias menjadi orang tua kedua di Sekolah
5.      Mencipatakan kerja sama yang solid antara semua pelaku pendidikan sehingga tercapai apa yang menjadi tujuan dalam pendidikan.



BAB V

PENUTUP


A.    Kesimpulan
MTs Negeri 1 Kota Malang berlokasi di jalan Bandung nomor 7 Malang. Adapun di jalan Bandung nomor 7 yang merupakan lokasi strategis dihuni oleh 3 jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah yang kini telah menjadi madrasah terpadu.
Sebagai sebuah lembaga pendidikan MTs Negeri 1 Kota Malang sudah berhasil di dalam memenuhi kebutuhan pendidikan pada peserta didik sesuai dengan jenjang pemahaman dan potensi mereka. Hal ini bisa diketahui melalui:
1.      Penerapan Materi dan Kurikulum PAI
2.      Implementasi Desain Pembelajaran PAI
3.      Aplikasi Metode Pembelajaran PAI
4.      Media dan Alat Pendidikan Bidang Studi PAI
5.      Pelaksaan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
MTs Negeri 1 Kota Malang menggunakan Program Madrasah (promad) Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh madrasah. Kurikulum 2013 MTs Negeri 1 Kota Malang ini merupakan pedoman bagi seluruh civitas akademika MTs Negeri 1 Kota Malang dalam menjalankan aktivitas di madrasah, agar penyelenggaraan madrasah dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mencapai tujuan madrasah.
Di MTs N 1 Kota Malang telah banyak memiliki kelegihan dan banyak faktor yang dapat menunjang proses menuju madrasah yang unggul. Namun, kendati demikian juga tidak dipungkiri bahwa dari sekian faktor-faktor pendukung itu juga ditemui beberapa faktor yang menghambat proses menuju madrasah yang unggul



B.     Rekomendasi/ Saran
1.      Lembaga MTs N 1 Kota Malang
Dengan kegiatan ini penulis telah mengambil banyak sekali manfaat. Terutama tentang hal-hal yang dapat meningkatkan dan memotivasi  penulis dalam memajukan dunia pendidikan Islam di daerah penulis setelah berkunjung di MTs N 1 Kota Malang.
Sedikit yang ingin kami rekomendasikan bagi MTs N 1 Kota Malang diantaranya :
a)      MTs N 1 Kota Malang dapat menyediakan pemandu yang lebih memadai lagi agar informasi dan data yang diterima penulis bisa lebih lengkap.
b)      MTs N 1 Kota Malang dapat memberikan sedikit tambahan waktu bagi mahasiswa KKL agar dapat melakukan observasi lebih lama di lokasi.
c)      Sebaiknya di sediakan buku profil MTs N 1 Kota Malang yang lebih lengkap.

2.      Kampus UNISNU Jepara
Latar belakang kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini adalah bertujuan untuk menambah khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan dan menambahkan wawasan serta pengalaman nyata dari sebuah lembaga pendidikan. Dengan demikian setelah mengikuti kegiatan KKL ini diharapakan semua mahasiswa/mahasiswi UNISNU Jepara baik Reguler maupun yang Non Reguler bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana penerapan materi dan kurikulum PAI, desain pembelajran, penggunaan metode dan media pembelajaran serta teknik evaluasi hasil belajar PAI, sehingg mahasiswa tidak hanya sekedar mengrtahui konsep teoritis tentang pendidikan tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan yaitu di lembaga atau daerah masing, khususnya di daerah Jepara.
Selain itu memberikan motivasi bagi para Mahasiswa agar menjadi guru dan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi professional, pedagogik, personality dan sosial.
Untuk itu butuh lebih banyak waktu yang penulis perlukan dalam melakukan observasi dan mengumpulkan data secara valid sehingga penulis dapat mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal. Tanpa mengurangi rasa hormat, dan dengan segala kerendahan hati, ada beberapa saran yang ingin penulis sampaikan:
a)      Keterbatasan waktu yang penulis miliki menjadikan kami mendapatkan banyak kesulitan dalam mengumpulkan data, sehingga harapannya KKL kedepannya bisa dimaksimalkan.
b)      Mohon disediakan pemandu yang benar-benar paham tentang seluk beluk Madrasah yang jadi obyek kajian penelitian.
c)      Karena Mahasiswa tarbiyah berjumlah banyak harapannya kedepan bisa dibuat KKL 2 sesi agar lebih efektif, dan masing-masing mahasiswa bisa bekerja secara maksimal.

C.    Penutup
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya laporan KKL ini dapat selesai tidak ada yang patut penulis banggakan, selain semoga laporan KKL ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Namun demikian mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki, penulis menyadari bahwa laporan KKL ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca yang budiman sangat penulis harapkan. Terima kasih.








[1]  Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1995), Cet. 1, hlm. 7.
[2] Drs. Rudi Susilana, M.Si. dan Cepi Riyana, M.Pd., Media Pembelajaran (Bandung: CV Wacana Prima, 2008), hlm. 6.
[3] Dra. Sumiati dan Asra, M.Ed., Metode Pembelajaran. (Bandung: CV Wacana Prima: 2008) hlm. 160-162
[4] Drs. Rudi Susilana, M.Si. dan Cepi Riyana, Op Cit. Hlm. 9-10
[5] Dra. Sumiati dan Asra, M.Ed., Op Cit. Hlm. 169-170

Tidak ada komentar:

Posting Komentar