Senin, 19 Oktober 2020

MONUMEN PENUH CINTA TAJ MAHAL

 

Taj Mahal adalah sebuah makam yang dibangun selama lebih kurang 22 tahun oleh Shah Jihan sebagai bangunan monumental untuk mengenang istri tercintanya Mumtazu al-Zamani yang lebih dikenal sebagai Mumtaz Mahal. Taj Mahal menjadi bangunan monumental tiada tanding di India yang melambangkan keteguhan cinta Shah Jihan terhadap permaisurinya Mumtaz Mahal.

Seusai dengan maksud dibangunkannya, bangunan itu maka disebut sebagai Taj Mahal. Letaknya di Agra, India kawasan Uttar Pradesh. Persis di tepian Sungai Yamuna. Pembangunannya melibatkan 20.000 pekerja, arsitek paling ahli, seniman ahli kerajinan tangan, sejumlah ahli kaligrafi, pemahat, ahli batu dari seantero India, Persia, dan Turki.

Satu kemewahan lain dari Taj Mahal adalah penggunaan materialnya yang didatangkan dari seluruh India dan Asia. Dindingnya dibentuk dengan potongan batu marmer dan batu pasir dalam teknik konstruksi pengunci besi. Ribuan gajah dikerahkan sebagai pengangkut material itu.

Semua kebutuhan pasir, didatangkan dari tambang di dekat Fatehour Sikri, lalu marmer putihnya dari Raja Jai Singh di Makrana, Rajasthan. Permata Jasper berasal dari Punjab, permata Jade dan Kristal dari Tiongkok. Permata Pirus dari Tibet, batu lapis Lazuli dari Afghanistan, batu Safir dari Srilanka dan Carnelian dari Arabia. Setidaknya ada 28 jenis batu permata yang digunakan sebagai penghias Taj Mahal.


Sumber: Kementrian Agama Republik Indonesia. 2019. Buku Siswa : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar