LAPORAN
PELAKSANAAN
KULIAH KERJA NYATA ( KKN )
KULIAH KERJA NYATA TAHUN AKADEMIK 2017/2018
“Penguatan
Potensi Pariwisata Guna Meningkatkan Daya Saing Daerah Berbasis Unggulan Desa”
Desa :
Sumanding
Kecamatan :
Kembang
Kabupaten :
Jepara
Tim KKN:
1. Istanto (141220000024)
2. Muhammad Kevin Ryoma (141240000137)
3. Lukito Damar Boro (141250000030)
4. Neneng Luxkita Sari (141310003038)
5. Nur Masaus Saadah Fitsnain (141310003062)
6. Indah Lestari (141310003090)
7. Miftaqul Ulum (141310003119)
8. Zunisa’ Iffatur Rizqiyah (141310003141)
9. Choirin Widadiyah (141310003147)
10. Amanatul Khoiroh (141310003148)
11. Nurul Lailatil Ramdlanah (141320000124)
12. Enggar Ayang Nuki Novienti (141320000131)
13. Fina Hayatul Husna (141320000145)
14. Nailus Syarifah (141410000406)
15. Muqoddim (141510000171)
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU) JEPARA
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji
penulis panjatkan kepada Allah SWT Rabb semesta alam sebagai wujud
syukur atas segala ni’mat yang telah diberikan kepada penulis. Atas ridha Allah mamberikan kami Hidayah-Nya
sehingga penulis tidak tersesat dalam jurang kebodohan dengan memberi penulis
setetes ilmu dan secercah nur pengetahuan dalam kehidupan ini.
Sholawat serta salam senantiasa
terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Nabi yang selalu menjadi panutan dan
suri tauladan bagi umatnya yang selalu ditunggu syafaat-Nya terlebih-terlebih syafaat
al udzma fin yaum al makhsayar. Amin.
Laporan
KKN ini merupakan bukti real
administratif, karena dengan laporan ini menunjukkan bahwa Kuliah Kerja Nyata
(KKN) yang bertempat di Desa Sumanding Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara sudah
selesai, dan dengan ini pula digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kuliah
Kerja Nyata (KKN) UNISNU Jepara. Selain itu juga berfungsi sebagai salah satu
syarat untuk menyelesaikan jenjang Strata 1 (S1) di UNISNU Jepara.
Penyusunan
laporan ini juga merupakan gambaran konkrit dari kegiatan-kegiatan yang telah
dilakukan oleh mahasiswa praktikan selama menjalankan tugas di Desa Sumanding Kecamatan
Kembang Kabupaten Jepara dalam waktu empat puluh hari.
Tentunya
dalam penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bimbingan, arahan, serta
dukungan dari semua pihak yang terkait, sehingga kegiatan penyusunan laporan
ini dapat terealisasi. Oleh karena itu, ucapan terima kasih kami sampaikan
kepada:
1.
Dr.
Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., selaku Rektor UNISNU Jepara.
2.
Purwo
Adi Wibowo, S.E., M.Sc., selaku Kepala LPPM UNISNU Jepara.
3.
Drs.
Maswan, M.M., selaku ketua PPKKN UNISNU Jepara yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan tentang
KKN ini.
4.
Segenap panitia pelaksana KKN UNISNU
Jepara.
5.
Mufid,
M.Ag., selaku Korcam Kembang.
6.
Imron Choeri, S.Hi., M.H., selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang
telah berkenan mencurahkan waktu, tenaga dan pemikirannya guna memberikan
bimbingan dan arahan serta motivasi dalam pelaksanaan KKN.
7.
Bapak
Sarpan, selaku Petinggi Desa Sumanding beserta perangkatnya yang telah
memberikan dukungan, pengarahan dan perlindungan dalam pelaksanaan KKN.
8.
Segenap
Ketua RW, RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, serga warga masyarakat Desa
Sumanding yang telah membantu kelancaran pelaksanaan KKN.
9.
Segenap keluarga kami dari tim KKN yang
sudah memberikan do’a, semangat dan sebagainya sehingga kami dapat melaksanakan
KKN dengan sukses.
10. Semua
teman-teman KKN yang selalu saling membantu dan bekerja sama dalam pelaksanaan
program KKN.
11. Semua pihak yang telah membantu dari
awal pelaksanaan hingga selesai yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Akhirnya
kami selaku tim penyusun laporan pelaksanaan KKN sangat menyadari bahwa
penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan dalam arti sebenarnya.
Namun kami berharap semoga laporan KKN ini dapat bermanfaat bagi kami dan para
pembaca pada umumnya.
Wa’alaikumsalam
Wr. Wb.
Jepara, Maret 2018
Penyusun,
Tim KKN
DAFTAR ISI
Halaman Sampul................................................................................................ i
Halaman Pengesahan........................................................................................ ii
Kata Pengantar................................................................................................. iii
Daftar isi........................................................................................................... v
Daftar Tabel...................................................................................................... vi
Daftar Lampiran............................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.................................................................... 1
B.
Tujuan KKN........................................................................ 2
C.
Rencana
Kegiatan KKN..................................................... 3
BAB II GAMBARAN UMUM
LOKASI DESA
A.
Profil Penduduk.................................................................. 5
B.
Kelompok
Sasaran............................................................... 5
C.
Potensi
Desa/Komunitas..................................................... 6
BAB III PELAKSANAAN
KEGIATAN
A.
Program Kerja..................................................................... 9
B.
Pelaksanaan
Program.......................................................... 13
C.
Hasil................................................................................... 14
D.
Hambatan........................................................................... 24
E.
Cara Mengatasi
Hambatan................................................. 28
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan......................................................................... 34
B.
Rekomendasi...................................................................... 34
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel
01. Peta Permasalahan dan Potensi Desa Sumanding
Tabel
02. Program Kerja KKN UNISNU Desa Sumanding TA.2017/2018
DAFTAR
LAMPIRAN
· Lampiran 01
|
:
|
Surat
Pernyataan Bebas Masalah dari Petinggi/Kepala Desa
|
·
Lampiran 02
|
:
|
Biodata
Peserta
|
·
Lampiran 03
|
:
|
Daftar
Hadir Harian
|
·
Lampiran 04
|
:
|
Daftar
Hadir DPL
|
·
Lampiran 05
|
:
|
Daftar
Hadir Kegiatan
|
·
Lampiran 06
|
:
|
Buku
Tamu
|
·
Lampiran 07
|
:
|
Keliping Liputan Kegiatan di Media Massa
|
·
Lampiran 08
|
:
|
Foto
Kegiatan
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kuliah Kerja
Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma
Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) dan wajib
diikuti oleh semua mahasiswa program Strata Satu yang ada di lingkungan
Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara.
Ketiga aspek Tri
Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang,
harmonis, dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan UNISNU dapat
menjadi manusia yang berilmu pengetahuan memadai dalam bidang masing-masing,
mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan
umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Sebagai kegiatan pendidikan dan pengajaran, KKN Reguler UNISNU
merupakan kegiatan integral dari kurikulum pendidikan strata 1 (S1), hal ini
berarti bahwa KKN UNISNU merupakan program tidak berdiri sendiri dan tidak
terpisahkan dari tujuan dan isi pendidikan lainnya. Kegiatan KKN Reguler UNISNU
mempunyai fungsi sebagai pengikat dan perangkum semua isi kurikulum dan dapat
melengkapi kurikulum, karena kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar yang
menghubungkan konsep-konsep akademis yang didasarkan pada realita kehidupan
masyarakat.
Pada tahun
akademik 2017/2018 ini KKN UNISNU Jepara mengangkat tema “Penguatan Pariwisata
Guna Meningkatkan Daya Saing Daerah Berbsis Unggulan Desa”. Dengan demikian
kegiatan KKNsejalan dengan harapan dan cita-cita Kabupaten Jepara yang tertuang
dalam Mars Jepara.
KKN UNISNU Jepara
tahun akademik 2017/2018 tersebar di empat kecamatan di kabupaten Jepara.
Adapun ke empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pakis Aji, Kecamatan
Kembang, Kecamatan Keling dan Kecamatan Donorojo. Sebagai TIM yang mendapat
tugas untuk melaksanakan KKN di Kecamatan Kembang, lebih tepatnya di Desa
Sumanding, penulis bermaksud mengadakan program-program kegiatan yang bisa diterapkan
untuk masyarakat Sumanding.
Untuk mempermudah
dalam perumusan program kegiatan penulis paparkan kondisi Desa Sumanding secara geografis wilayah ini di batasi
oleh:
Sebelah Utaraberbatasan dengan :Desa Bucu
Sebelah Timur
berbatasan dengan : Desa Kunir
Sebelah Selatan
berbatasan dengan : Desa Perhutani
Sebelah Barat
berbatasan dengan : Desa Dudakawu
Secara administratif wilayah
Desa Sumanding terdiri dari 19RT dan
05 RW, yang masuk ke dalam Sumanding wilayah pedukuhan, yaitu Dukuh : Putat.
Kemudian secara topografi Desa Sumanding dapat bibagi dalam 2 wilayah, yaitu
wilayah dataran rendah di bagian Dukuh Putat dan wilayah dataran tinggi di
bagian Sumanding. Menurut klasifikasinya Desa Sumanding termasuk kategori Desa Pertanian.
Dengan kondisi tersebut sebagian besar masyarakat
berprofesi sebagai buruh tani
dan lainnya ada yang menjadi petani, peternak, tukang kayu, tukang bangunan, wirausahaan dan
lainnya.berangkat dari latar belakang masalah tersebut penulis bermaksud
mengangkat program kegiatan yang sejalan dengan tema KKN UNISNU Jepara tahun
akademik 2017/2018.
B.
Tujuan KKN
KKN UNISNU Jepara
bertujuan:
1.
Membentuk empati dan
kepedulian mahasiswa terhadap masalah yang komplek menghadapi masyarakat.
2.
Membentuk sarjana
penerus pembangunan yang mampu mengahayati permaslahan yang kompleks yang
dihadapi masyarakat dan belajar memecahkan permasalahan secara pragmatis dan
interdisipliner.
3.
Mendekatkan lembaga
pendidikan tinggi pada masyarakat untuk penyesuaian dengan tuntutan
pemberdayaan masyarakat.
4.
Membantu pemerintah
dalam mempercepat laju pembangunan dan menyiapkan kader-kader pembangunan guna
meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
5.
Mengembangkan kerja sama
antar disiplin ilmu dan antar lembaga.
6.
Menanamkan nilai
kepribadian, yang meliputi nasionalisme dan jiwa panca sila, keuletan yang
didasarkan pada etos kerja dan tanggung jawab, serta kemandirian, kepemimpinan,
dan kewirausahaan.
C.
Rencana Kegiatan KKN
Adapun rencana
kegiatan KKN UNISNU Jepara Desa Sumanding
adalah sebagai berikut:
1.
Penguatan Pariwisata Desa
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk keagamaan dan pendidikan antara lain:
-
Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
-
Sumanding
Fun Camping
-
Gebyar Budaya Sumanding
-
Pendampingan Penguatan Pariwisata Desa
2.
Bidang Keagamaan dan Pendidikan
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk keagamaan dan pendidikan antara lain:
- Baca
Tulis Al-Qur’an
- Bimbingan
Belajar Kelompok English For Fun
- Pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun Learning English
- Pendampingan Mengajar TK
- Khotmil Qur’an
- Jamling
3.
Bidang Sosial, Budaya, Hukum dan
Pemerintahan
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan antara
lain:
-
Penyuluhan
Dampak Negatif Pernikahan Dini
4.
Bidang Ekonomi Kerakyatan dan
Peningkatan Wirausaha
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
antara lain:
- Pelatihan Pengolahan Keripik Bayam
- Pelatihan Kreasi Bunga dari Kain Flanel
- Sosialisasi PLTU
5.
Bidang Teknologi Tepat Guna
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk Teknologi Tepat Guna antara lain:
- Pelatihan KomputerDasarUprgrade
your soft skill.
- Pendampingan Pelatihan Komputer Dasar.
- Pelatihan Menanam tanpa Menyiram.
6.
Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup
Jenis
kegiatan yang dikembangkan untuk Kesehatan dan Lingkungan Hidup antara lain:
- Donor Darah
- Pelatihan pembuatan pupuk organik
7.
Bidang
Dakwah Islamiyah
-
Pelatihan
jurnalistik dasar.
BAB II
GAMBARAN UMUM
LOKASI DESA
A.
Profil Penduduk
Desa Sumanding secara geografis wilayah ini di batasi
oleh tiga desa dan tanah perhutani. Adapun perinciannya adalah untuk sebelah Utaraberbatasan dengan desa Bucu, sebelah Timur berbatasan
dengan desa Kunir, sebelah Selatan berbatasan dengan tanah Perhutani dan
sebalah Barat berbatasan dengan desa Dudakawu.
Secara
administratif wilayah Desa Sumanding terdiri
dari 19RT dan 05 RW, yang masuk ke dalam
Sumanding wilayah pedukuhan, yaitu Dukuh Putat dan Dukuh Manding. Kemudian
secara topografi Desa Sumanding dapat bibagi dalam 2 wilayah, yaitu wilayah
dataran rendah di bagian Dukuh Putat dan wilayah dataran tinggi di bagian
Sumanding. Menurut klasifikasinya Desa Sumanding termasuk kategori Desa Pertanian.
Dengan kondisi
tersebut sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai buruh tani dan lainnya ada yang menjadi petani, peternak,
tukang kayu, tukang
bangunan, wirausahaan dan lainnya.
B.
Kelompok Sasaran
Sasaran dalam pelaksanaan KKN Unisnu Jepara di
Desa Sumanding ini meliputi semua unsur, yaitu:
1.
Pemerintah Desa Sumanding
2.
Pengurus Organisasi
Keagamaan yang ada di Desa Sumanding
3.
Lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal
4.
Kelompok PKK
5.
Badan Keswasembadaan Masyarakat (BKM)
6.
Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
7.
Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
8.
Pengurus Masjid dan Mushalla
9.
Ketua RT dan RW
10. Pemuda Desa
11. Pengelola wisata BUPER Sumanding Feels.
C.
Potensi Desa/ Komunitas
Hasil analisis potensi unggulan desa merupakan pijakan,
dalam rangka merumuskan kebijakan pembangunan ekonomi di Desa Sumandingdalam
kurun waktu beberapa tahun kedepan.Analisis diarahkan untuk menciptakan keterkaitan ekonomi antar kawasan di dalam wilayah
desa dan keterkaitan ekonomi antar wilayah desa. Dari analisis ini, diharapkan
diperoleh pengetahuan mengenai karakteristik perekonomian wilayah dan ciri-ciri
ekonomi kawasan dengan mengidentifikasi basis ekonomi desa, sektor-sektor
unggulan dan besaran kesempatan kerja .
Selama ini Desa Sumanding terkenal sebagai Desa Pertanian. karena memang
sejak dahulu Desa Sumanding merupakan pusat penghasil Pertanianyang mempunyai
kualitas tinggi dan telah dijadikan produk unggulan desa. Industri ini
mempunyai potensi yang besar dan sekaligus sebagai penyangga dari perekonomian
desa,selain pertanian dan jasa.
Jika potensi dimanfaatkan dengan baik, maka desa
akan berkembang dan desa akan memiliki fungsi, bagi daerah lain maupun bagi
kota. Namun, dalam upaya menggali dan meningkatkan potensi desa, diperlukan
identifikasi potensi desa dan pemasalahannya. Berikup data Peta Permasalahan
dan Potensi Desa Sumanding sebagaimana tabel di bawah ini:
Tabel 01. Peta Permasalahan dan Potensi Desa
Sumanding
No
|
Bidang Potensi
|
Permasalahan
|
Kebutuhan
|
1
|
Pendidikan
|
Minimnya media pembelajaran yang ada di Sekolah
|
Pengadaan media pembelajaran Sekolah untuk mendukung kegiatan belajar
mengajar.
|
2
|
Kesehatan
|
Ø
Minimnya fasilitas kesehatan desa
Ø
Kurangnya tenaga kesehatan yang ada di Desa
|
Ø
Pengadaan gedung dan alat kesehatan yang menunjang kegiatan pelayanan
kesehatan masyarakat di Desa.
Ø
Melatih kader untuk dapat membantu tenaga kesehatan yang ada di Desa.
|
3
|
Pekerjaan Umum
|
Ø
Sedikitnya Talut di Desa Sumanding
|
Ø
Gorong-gorong pemeliharaan di lingkungan RT/RW.
|
4
|
Wisata
|
Kurangnya perhatian tentang pengelolalaan wisata berwawasan lingkungan
|
Penataan wisata berwawasan lingkungan bersama pengelola buper sumanding
|
5
|
Perindustrian
|
Kurangnya perhatian terhadap UMKM lokal mengenai standarisasi &
branding produk.
|
Perhatian dari BUMDES terhadap pengembangan UMKM lokal.
|
6
|
Kepemudaan dan Olahraga
|
Terpisahnya kelompok pemuda antar dukuh Desa Sumanding, yaitu Dukuh
Manding dan Dukuh Putat.
|
Penjembatanan untuk pemuda Sumanding bias menyatuka Visi dan Misi untuk Sumanding
Satu.
|
9
|
Seni dan Budaya
|
Banyak kelompok kesenian yang ada di Desa Sumanding.
|
Melestarikan seni dan budaya dengan menampilkan untuk dikenal khalayak
ramai dalam event tahunan.
|
10
|
Pertanian
|
Kopi Sumanding dengan cita rasa khas
|
Branding produk dan kemasan untuk bias dipasarkan dan dinikmati
masyarakat.
|
BAB III
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A.
Program Kerja
Adapun program
kerja yang akan dilakukan sebagaimana terdapat pada tabel dibawah ini:
Tabel 02. Program Kerja KKN UNISNU Desa Sumanding TA.2017/2018
No
|
Nama Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Sasaran
|
Koordinator
|
||||
BidangPenguatan Pariwisata Desa
|
||||||||
1.
|
Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
|
Melakukan penataan wana wisata BUPER Sumanding bersama pengelola
|
Wisatawan BUPER Sumanding Feels
|
Tim KKN UNISNU 2018 Desa Sumanding
|
||||
2
|
Sumanding Fun
Camping
|
Pengenalan BUPER Sumanding dalam kegiatan Camp Ceria
|
Pecinta Alam se Kabupaten Jepara
|
Tim KKN UNISNU 2018 Desa Sumanding
|
||||
3
|
Gebyar Budaya
|
Penampilan Budaya desa, Rebana, Reog dan Tari Tradisional
|
Masyarakat
|
Tim KKN UNISNU 2018 Desa Sumanding
|
||||
4
|
Pendampingan
Penguatan Pariwisata Desa
|
Pendampingan penguatan wana wisata BUPER Sumanding Feels
|
Wana Wisata
|
Miftaqul Ulum
|
||||
Keagamaan dan Pendidikan
|
||||||||
5
|
Baca Tulis Al-Qur’an
|
Melakukan bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap lansia
|
Lansia
|
Amanatul Khoiroh
|
||||
6
|
Bimbingan Belajar Kelompok English
For Fun
|
Membantu anak-anak melakukan belajar
kelompok dalam bidang bahasa Inggris dengan menerapkan permainan edukasi.
|
Siswa Madrasah Ibtidaiyah
|
Fina Hayatul Husna
|
||||
7
|
Pendampingan
mengajar Bahasa Inggris Fun Learning
English
|
Memberikan bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar
agar tujuan pembelajaran tercapai.
|
Siswa Sekolah Dasar
|
Enggar Ayang Nuki Novienti
|
||||
8
|
Pendampingan mengajar TK
|
Mendampingi tenaga pendidik melaksanakan proses
pembelajaran di TK/RA
|
Taman Kanak-kanak
|
Nurul Lailatir Ramdlanah
|
||||
9
|
Khotmil Qur’an
|
Penguatan budaya membaca Al-Qur’an
|
Lingkungan Masyarakat
|
Neneng Luxkita Sari
|
||||
10
|
Jamling
|
Gilir sholat jama’ah di Masjid/Musholla se Desa Sumanding
|
Masjid/ Musholla Desa Sumanding
|
Tim KKN UNISNU 2018 Desa Sumanding
|
||||
Bidang Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan
|
||||||||
11
|
Penyuluhan dampak
negatif pernikahan dini
|
Sosialisasi pencegahan agar tidak menikah dini sebelum mencapai
kesiapan diri dan pendidikan yang tinggi
|
Siswa Madrasah Aliyah
|
Nailus Syarifah
|
||||
Bidang Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
|
||||||||
12
|
Pelatihan
pengolahan kripik bayam
|
Pengolahan komoditas sayur terbanyak untuk meningkatkan nilai
ekonomisnya
|
PKK
|
Choirin Widadiyah
|
||||
13
|
Pelatihan kreasi
bunga dari kain flanel
|
Pemberdayaan ibu-ibu untuk membuat kreasi yang memiliki nilai jual
|
PKK
|
Indah Lestari
|
||||
14
|
Sosialisasi PLTU
|
Pengenalan dan pembukaan wawasan tentang PLTU
|
Siswa Madrasah Aliyah
|
Istanto
|
||||
Bidang Tekologi Tepat Guna
|
||||||||
15
|
Pelatihan
KomputerDasarUprgrade your soft skill.
|
Pelatihan menjalankan aplikasi sederhana (MS. Word) dengan mengetik
sepuluh Jari
|
Siswa Sekolah Dasar
|
Muhammad Kevin Ryoma
|
||||
16
|
Pendampingan pelatihan
KomputerDasar
|
Pengoperasian dasar Komputer
|
Siswa Sekolah Dasar
|
Lukito Damar Boro
|
||||
17
|
Pelatihan menanam
tanpa menyiram.
|
Pemanfaatan botol bekas sebagai media tanam tanpa menyiram
|
Siswa Madrasah Ibtidaiyah
|
Nur Masaus Sa’adah Fitsnain
|
||||
Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup
|
||||||||
18
|
Donor Darah
|
Menggali sisi kemanusiaan masyarakat untuk
mendonorkan darahnya
|
Warga Desa Sumanding
|
Zunisa’ Iffatur Rizqiah
|
||||
19
|
Pelatihan
pembuatan pupuk organik
|
Membuat pupuk
organik untuk masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani
|
Warga Desa Sumanding
|
Tim KKN UNISNU 2018 Desa Sumanding
|
||||
Bidang Dakwah Islamiyah
|
||||||||
20
|
Pelatihan jurnalistik dasar
|
Memberikan
wawasan literasi sekolah dengan pengetahuan jurnalistik
|
Siswa Madrasah Aliyah
|
Muqoddim
|
||||
B.
Pelaksanaan Program
1.
Penguatan
Pariwisata Desa
a. Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
Kegiatan
Penataan Wana Wisata BUPER Sumanding dilaksanakan dalam rentan waktu yang cukup
lama, yaitu sejak minggu kedua sampai minggu ke enam secara kontinue setiap hari sabtu dan minggu
bersama pengelola wisata.
Dalam
pelaksanaannya TIM KKN bersama pengelola melakukan penataan dengan kerja
bhakti, peremajaan obyek wisata yang sudah tidak layak, pemasangan penunjuk
arah dan pengadaan papan wisata.
b. Sumanding
Fun Camping
Kegiatan
ini dilaksanakan pada hari Sabtu s/d Minggu, 24-25 Februari 2018 di lokasi
wisata BUPER Sumanding Feels. Kegiatan hasil kerjasama TIM KKN, pengelola
wisata dan pemuda, selain untuk media promosi wisata juga termasuk didalamnya
sebagai pengenalan dan pembukaan wawasan tentang keberadaan BUPER Sumanding
kepada Masyarakat luas. Mengingat peserta adalah seluruh Pecinta Alam se
Kabupaten Jepara, kegiatan ini bernilai positif dan sesuai dengan sasaran.
c. Gebyar Budaya
Kegiatan
Gebyar Budaya Sumanding dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Februari 2018
bertempat di Lapangan Voli MTs-MA Matholiul Falah Sumanding. TIM KKN bekerja
sama dengan karang taruna dan pemuda (komunitas rumah kreasi) untuk
mensukseskan acara ini.
Adapun
kegiatan dalam Gebyar budaya adalah penampilan budaya desa, yaitu, Rebana, Reog
dan Tari Tradisional. Juga termasuk di dalam kemeriahannya yaitu lomba-lomba
untuk anak-anak usia dini, dasar dan menengah se desa Sumanding. Dalam kegiatan
ini turut hadir pula perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kbupaten
Jepara yang membuka dan memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini.
d.
Pendampingan
Penguatan Pariwisata Desa
Kegiatan
pendampingan penguatan pariwisata desa merupakan salah satu program yang
mengajak lembaga-lembaga di desa untuk memberikan penguatan terhadap potensi
pariwisata desa, khususnya di desa Sumanding tempat yang menjadi salah satu
lokasi KKN di Kecamatan Kembang. Untuk meningkatkan potensi pariwisata desa,
aspirasi masyarakat tetap menjadi prioritas dalam perbaikan pengembangan wisata
desa.Adapun potensi pariwisata desa yang menjadi bidikan adalah BUPER Sumanding
Feels.
2.
Bidang
Keagamaan dan Pendidikan
a.
Baca
Tulis Al-Qur’an
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an
dilaksanakan setiap hari Rabu di gedung Aisiyah desa Sumanding dengan peserta
adalah ibu-ibu Jam’iyah Qur’an yang lanjut usia. Dalam kegiatan ini materi yang
disampaikan adalah Pengenalan Huruf Hijaiyyah, Pengenalan Harakat, dan Bacaan Tajwid.
b.
Bimbingan
Belajar Kelompok English
For Fun
Kegiatan
bimbingan belajar kelompok English For
Fun dilaksanakan setiap hari Jum’at pada jam 14.00 bertempat di MI Darul
Ulum Sumanding. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan gemar Bahasa
inggris sejak dini dengan memberikan kelompok belajar dengan permainan
edukatif. Pembelajaran dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat peserta
didik terhadap mata pelajaran Bahasa inggris.
c.
Pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun Learning English
Kegiatan
pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun
Learning English dilaksanakan pada hari sabtu dan Jum’at di lembaga sekolah
dasar, yaitu SDN 1 Sumanding dan SDN 3 Sumanding. Secara khusus kegiatan ini
disasarkan pada siswa-siswi kelas VI untuk mempersiapkan ujian, karena
berdasarkan penuturan kepala sekolah bahwa pembelajaran Bahasa inggris sangat
kurang, maka mahasiswa KKN membuat terobosan baru dalam kegiatan Fun Learning English.
d.
Pendampingan
mengajar TK
Kegiatan
pendampingan mengajar TK dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu di dua
lembaga, yaitu TK Aisiyah dan TK Tarbiyatul Athfal 01 Sumanding. Mahasiswa KKN melaksanakan
pendampingan mengajar TK Sumanding berkolaborasi dengan guru kelas dalam
menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar danmenggunakan metode
pembelajaran yang menarik agar siswa antusias dalam belajar serta membuat
pembelajaran di kelas lebih menarik dengan adanya bernyanyi dan belajar yang
menyangkut tentang tema pelajaran yang diajarkan.
e.
Khotmil Qur’an
Kegiatan
khotmil Qur’an dilaksanakan pada hari Jum’at malam Sabtu bertempat dirumah warga
yang mendapat jadwal Idaroh Jam’iyah ibu-ibu lingkungan RT 09. Kegiatan ini
berlangsung satu kali selama KKN dan dilaksanakan serempak bersama masyarakat.
Untuk mempersingkat waktu karena kegiatan disisipkan pada pertemuan rutin
Jam’iyah maka rentetan khotmil qur’an dimulai di posko bersama TIM KKN dilanjut
pada pertemuan Jam’iyah.
f.
Jamling
Jamling
(Jama’ah Keliling) dilaksanakan secara bersama-sama oleh TIM KKN setiap Sholat
Maghrib selama KKN berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian dari
Masjid maupun Musholla yang ada di Desa Sumanding. Selain untuk membudayakan
sholat berjama’ah, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana pengenalan Mahasiswa
KKN dengan Masyarakat dan membiasakan diri untuk guyub bersama masyarakat yang
agamis.
3.
Bidang
Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan
a.
Penyuluhan dampak negatif pernikahan dini
Kegiatan
penyuluhan dampak negatif pernikahan dini dilaksanakan pada hari sabtu, 10
Februari bertempat di MA Matholiul Falah. Kegiatan ini dilakukan satu kali
dengan narasumber dari DP3KB Kecamatan Kembang. Adapun peserta kegiatan adalah
seluruh siswa-siswi Madrasah Aliyah Matholiul Falah Sumanding yang juga dalam
usia remaja dan rentan dengan kasus pernikahan dini.
4.
Bidang
Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
a.
Pelatihan
pengolahan kripik bayam
Kegiatan
pelatihan pengolahan keripik bayam dilaksanakan pada hari sabtu, 03 Februari
2018 bertempat di rumah bapak Suyoto dalam kegiatan rutinan PKK RT 07. Dalam
pelaksanaannya mahasiswa melaksanakan praktik pengoalahan keripik bayam sebagai
komoditas sayur yang mudah tumbuh dimana saja untuk bisa dimanfaatkan oleh
masyarakat serta mampu meningkatkan nilai ekonomisnya.
b.
Pelatihan
kreasi bunga dari kain flanel
Kegiatan pelatihan kreasi bunga dari
kain flannel dilaksanakan pada hari sabtu bersamaan dengan kegiatan rutinan
ibu-ibu PKK RT 02. Mahasiswa KKN menyediakan peralatan dan perlengkapan terkait
dengan kegiatan ini lalu bersama dengan masyarakat membuat kreasi bunga dari
kain flannel dengan bimbingan Mahasiswa KKN. Variasi bunganya pun beragam bisa
dikreasikan sesuai selera masing-masing.
c.
Sosialisasi PLTU
Kegiatan
sosialisasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjung Jati B unit 3 & 4
dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2018 di MA Matholiul Falah Sumanding.
Kegiatan ini hasil kerja sama mahasiswa KKN dengan Madrasah untuk bisa
disosialisasikan kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Matholiul Falah Sumanding.
Selain sosialisasi kegiatan ini juga untuk membuka wawasan siswa tentang dunia
kerja dan kesempatan kerja yang luas sekaligus bisa menjadi motivasi untuk
mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.
5.
Bidang
Teknologi Tepat Guna
a.
Pelatihan KomputerDasarUpgrade your soft skill
Kegiatan
pelatihan komputer dasar Upgrade Your
Soft Skill dilaksanakan setiap hari Rabu sampai Sabtu selama empat minggu.
Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 01 Sumanding, SDN 03 Sumanding dan MI Darul
Ulum Sumanding. Dalam pelaksanaanya pelatihan komputer dasar ini bertujuan
untuk membekali siswa-siswi tingkat dasar untuk mengenal komputer, aplikasi dan
penggunaannya secara sederhana. Dari mematikan dan menghidupkan komputer,
membuka dan menutup aplikasi sampai pada ketrampilan dasar mengetik Sepuluh
jari.
b.
Pendampingan pelatihan komputer dasar
Kegiatan
pendampingan pelatihan komputer dasar dilaksanakan setiap hari Rabu sampai
Sabtu selama empat minggu pada saat pelatihan komputer dasar di SDN 01
Sumanding, SDN 03 Sumanding dan MI Darul Ulum Sumanding. Dalam pelaksanaanya
mahasiswa KKN berkolaborasi dalam kegiatan pelatihan komputer dasar yang
bertujuan untuk membekali siswa-siswi tingkat dasar untuk mengenal komputer,
aplikasi dan penggunaannya secara sederhana. Dari mematikan dan menghidupkan
komputer, membuka dan menutup aplikasi sampai pada ketrampilan dasar mengetik
Sepuluh jari.
c.
Pelatihan menanam tanpa menyiram
Kegiatan
pelatihan menanam tanpa menyiram ini dilaksanakan pada hari senin-selasa, 5-6
Februari 2018 di MI Darul Ulum Sumanding. Dalam pelaksanaannya kreasi menanam
tanpa menyiram ini di aplikasikan di botol bekas untuk bisa dimanfaatkan
sebagai media tanam yang praktis. Botol bekas bisa dikreasikan terlebih dahulu
lalu ditanami dan diberi air diwadah yang bawah. Dalam penanaman ini bibit yang
digunakan dalam pot botol bekas ini adalah bibit cabai yang sesuai dengan
kapasitas wadah.
6.
Bidang
Kesehatan dan Lingkungan Hidup
a.
Donor Darah
Kegiatan
Donor Darah dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Februari 2018 di UKS MTs
Matholiul Falah Sumanding bersamaan dengan kemeriahan kegiatan Gebyar Budaya
dan kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Kabupaten Jepara. Peserta Donor Darah
adalah masyarakat desa Sumanding yang hadir dalam kemeriahan Gebyar Budaya dari
jam 10.00-12.00 WIB.
b.
Pelatihan pembuatan pupuk organik
Kegiatan
pelatihan pembuatan pupuk organik dilaksanakan pada hari Jum’at, 09 Februari
2018 bertempat di posko KKN UNISNU Jepara Desa Sumanding. Teknis acara dimulai
dengan pemberian materi dari PPL kecamatan Kembang dan dilanjutkan praktik
dengan bahan dasar pembuatan pupuk yaitu dengan kotoran sapi. Untuk mempercepat
proses fermentasi, pembuatan pupuk menggunakan cairan MA-11 berdasarkan arahan
dari kelompok tani Desa Sumanding.
7. Bidang
Dakwah Islamiyah
a.
Pelatihan dasar
kejurnalistikan
Kegiatan
pelatihan dasar kejurnalistikan dilaksanakan pada hari selasa, 13 Februari 2018
sepulang sekolah bertempat di MA Matholiul Falah Sumanding. Dalam
pelaksanaannya mahasiswa KKN bekerja sama dengan Alumni UNISNU Jepara yang
aktif dalam bidang kejurnalistikan. Adapun materi yang disampaikan meliputi
pengenalan kejurnalistikan dasar, unsur-unsur penulisan dan macam-macam berita.
C.
Hasil
1.
Penguatan
Pariwisata Desa
a. Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
1) Bumi
Perkemahan (BUPER) Sumanding Feels menjadi obyek wisata alam yang berwawasan
lingkungan.
2) Bumi
Perkemahan (BUPER) Sumanding Feels menjadi tujuan wisata utama baik untuk
wisatawan.
b. Sumanding
Fun Camping
1) Bumi
Perkemahan (BUPER) Sumanding Feels dapat dikenal oleh masyarakat luas.
2) Mempromosikan
wana wisata Bumi Perkemahan (BUPER) Sumanding Feels kepada para pemuda pecinta
alam se kabupaten jepara.
3) Bumi
Perkemahan (BUPER) Sumanding Feels dapat
menjadi salah satu opsi untuk kegiatan camp yang cukup digandrungi oleh anak
muda.
c. Gebyar Budaya
1)
Potensi Budaya yang ada di desa
Sumanding dapat di kenal oleh masyarakat luas.
2)
Masyarakat dapat lebih mengenal khazanah
budaya yang dimiliki untuk bisa di rawat dan di jaga sebagai aset budaya desa
yang tak ternilai.
d.
Pendampingan
Penguatan Pariwisata Desa
1) Masyarakat berperan aktif dalam pengembangan dan peningkatan
pariwisata desa yang diselenggarakan oleh Tim KKN Unisnu Jepara
2) Masyarakat semakin sadar dan aktif dalam meningkatkan
potensi-potensi pariwisata yang dimiliki dan mampu berdaya saing dengan wisata
desa lainnya.
2.
Bidang
Keagamaan dan Pendidikan
a.
Baca
Tulis Al-Qur’an
1) Ibu-ibu lansia menyadari akan
pentingnya belajar Al-Qur’an
untuk bekal kehidupan yang akan datang.
2) Meningkatnya
minat belajar para lansia dikarenakan
pembelajaran yang tidak monoton karena adanya metode yang
menarik dalam setiap pembelajaran.
3) Cara
belajar ibu-ibu lansia lebih
efektif dan menyenangkan.
b.
Bimbingan
Belajar Kelompok English
For Fun
1) Siswa
menyadari akan pentingnya belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris untuk
mengembangkan kemampuan belajar berbahasa.
2) Meningkatnya
minat belajar siswa dikarenakan permainan edukasi yang menarik dalam setiap
pembelajaran.
3) Cara
belajar siswa lebih efektif dan menyenangkan.
4) Siswa
lebih terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran.
c.
Pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun Learning English
1) Siswa
menyadari akan pentingnya bimbingan belajar untuk perkembangan kemampuan
belajar.
2) Meningkatnya
minat belajar siswa dikarenakan adanya metode pembelajaran yang menarik.
3) Cara
belajar siswa lebih efektif dan efisien.
4) Sikap,
kebiasan, dan tingkah laku siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung
menjadi lebih baik.
5) Siswa
lebih terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran.
6) Siswa
dapat memecahkan masalah dalam belajar.
7) Siswa
lebih siap untuk melaksanakan pembelajaran di tingkat berikutnya.
d.
Pendampingan
mengajar TK
1)
Efektifitas
proses belajar mengajar meningkat.
2)
Terciptanya
proses belajar mengajar yang lebih kondusif.
3)
Minat belajar anak meningkat karena metode
belajar yang efisien dan aktif.
e.
Khotmil Qur’an
1) Terciptanya
budaya gemar membaca Al-qur’an dengan rutin melaksanakan Khotmil Qur’an.
2) Membiasakan
diri untuk selalu membaca Al-Qur’an.
f.
Jamling
1) Tertanamnya
budaya jama’ah.
2) Masyarakat
sadar akan pentingnya sholat berjama’ah di Masjid dan Musholla.
3) Menguatkan
rasa religiusitas masyarakat desa Sumanding.
3.
Bidang
Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan
a. Penyuluhan
dampak negatif pernikahan dini
1) Pembukaan
wawasan untuk remaja atas dampak negative dari pernikahan dini.
2) Menumbuhkan motivasi untuk tidak menikah dulu sebelum mencapai
cita-citanya dan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.
4.
Bidang
Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
a.
Pelatihan
pengolahan kripik bayam
1) Masyarakat
dapat mengolah bayam sebagai komoditas sayur terbanyak untuk meningkatkan nilai
ekonomisnya.
2) Memunculkan
produk khas Sumanding yang secara geografis berada di dataran tinggi.
3) Pembukaan
wawasan tentang pemanfaatan pengoalahan hasil bumi yang ada disekitar untuk dipandang
sebagai potensi.
b.
Pelatihan
kreasi bunga dari kain flanel
1)
Masyarakat didesa Sumanding jadi lebih
semangat untuk mengembangkan kreativitas yang miliki mereka.
2)
Meningkatnya minat masyarakat khususnya
ibu-ibu PKK untuk mengisi waktu kosong mereka dengan hal-hal positif.
3)
Ibu-ibu PKK lebih antusias untuk
pengembang hasil yang lebih baik lagi yang bisa menghasilkan uang.
c.
Sosialisasi PLTU
1) Menambah wawasan
dan pemahaman siswa-siswi MTS-MA Matholi’ul
Falah Semanding Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara tentang pembangkit
listrik.
2) Menambah
ketrampilan dan kreatifitas siswa-siswi yang bersifat positif, sehingga
siswa-siswi dapat menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan.
3) Siswa-siswi MTS-MA Matholi’ul Falah Semanding Kecamatan Kembang Kabupaten
Jepara,dapat mengambil
manfaat dan waspada terhadap fungsi listrik.
5.
Bidang
Teknologi Tepat Guna
a.
Pelatihan KomputerDasarUprgrade your soft skill.
1) Siswa
dapat menghidupkan dan mematikan komputer sesuai prosedur penggunaan.
2) Siswa
dapat membuka dan menutup aplikasi sederhana.
3) Siswa
dapat memahami dasar mengetik sepuluh jari.
b.
Pendampingan pelatihan komputer dasar.
1) Siswa
dapat mempraktikan materi menghidupkan dan mematikan komputer.
2) Siswa
dapat mengoperasikan dan menjalankan aplikasi Microsoft Word.
c.
Pelatihan menanam tanpa menyiram
1) Siswa mendapatkan pengetahuan akan pentingnya
mencintai lingkungan hidup
2) Siswa dapat mengerti cara menfaatkan sampah
atau arang bekas
3) Siswa lebih aktif dalam belajar
4) Siswa dapat menyalurkan ide kreatif mereka ke
dalam sebuah botol yang di hias dengan cat minyak
6.
Bidang
Kesehatan dan Lingkungan Hidup
a.
Donor Darah
1) Antusiasme
masyarakat dalam mengikuti kegiatan Donor Darah
2) Kegiatan
Rutinan Donor Darah di Desa Sumanding dapat berjalan kembali.
b.
Pelatihan pembuatan pupuk organik
1) Limbah
kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organic yang digunakan untuk
lahan pertanian.
2) Masyarakat
mendapatkan pengetahuan dasar pembuatan pupuk organic dari limbah kotoran sapi.
7. Bidang
Dakwah Islamiyah
a. Pelatihan
jurnalistik dasar
1) Siswa
menyadari akan pentingnya melek media.
2) Meningkatnya
minat belajar kejurnalistikan.
3) Siswa
lebih terampil dalam menulis berita dan artikel.
D.
Hambatan
1.
Penguatan
Pariwisata Desa
a. Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
1) Kondisi
cuaca yang tidak memungkinkan untuk melakukan penataan wana wisata alam.
2) Keterbatasan
waktu, situasi dan kondisi yang menghambat realisasi program kegiatan.
b. Sumanding
Fun Camping
1) Sosialisasi
kegiatan yang kurang maksimal sehingga peserta tidak dapat memenuhi target
kuota maksimal.
2) Kondisi
cuaca yang cukup mengganggu kegiatan yang notabennya kegiatan outdoor.
c. Gebyar Budaya
1)
Koordinasi dengan dinas terkait yang
serba mendesak dan terkesan terburu-buru.
2)
Sedikitnya kebudayaan yang tereksplor
dalam kegiatan gebyar budaya.
d.
Pendampingan
Penguatan Pariwisata Desa
1) Keterbatasan waktu dalam sehingga kegiatan kurang maksimal.
2) Kesibukan kegiatan masyarakat sehingga sulit untuk memberikan
fasilitas pendampingan pariwisata desa.
3) Masyarakat masih kurang antusias (pesimis) untuk mengembangkan
potensi-potensi yang dimiliki desa.
2.
Bidang
Keagamaan dan Pendidikan
a.
Baca
Tulis Al-Qur’an
1) Jam’iyah kurang bisa melihat dan mendengar materi yang di sampaikan
karena faktor usia.
2) Terjadinya salah paham antar jamaah dikarenakan perbedaan
pendapat.
3) Kurangnya ketertiban saat proses pembelajaran
berlangsung.
b.
Bimbingan
Belajar Kelompok English
For Fun
1) Siswa
kurang memperhatikan penyampaian materi.
2) Siswa
sulit diatur karena tidak adanya pendampingan dari guru di madrasah.
3) Kurangnya
ketertiban saat proses pembelajaran berlangsung.
c.
Pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun Learning English
1) Siswa
kurang memperhatikan saat penyampaian materi.
2) Beberapa
siswa tidak tertib saat proses pembelajaran berlangsung.
3) Kurangnya
media pembelajaran.
d.
Pendampingan
mengajar TK
1) Siswa
kurang memperhatikan saat penyampaian materi.
2) Ketepatan
waktu kurang efektif
3) Beberapa
siswa tidak tertib saat proses pembelajaran berlangsung.
4) Kurangnya
media pembelajaran
e.
Khotmil Qur’an
1) Proses
mengumpulkan masyarakat yang memiliki aktivitas dan kesibukan masing-masing
2) Penyesuaian
waktu pelaksanaan dengan jadwal masyarakat.
3.
Bidang
Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan
a. Penyuluhan
dampak negatif pernikahan dini
1)
Ruangan yang
dijadikan penyuluhan kurang kondusif dan alat pengeras suara yang tidak sampai
belakang, sehingga para siswa-siswi yang duduk dibelakang tidak mendengarkan
materi yang diberikan oleh narasumber.
2)
Para
siswa-siswi merasa bosan serta tidak tertarik dengan materi yang disampaikan.
4.
Bidang
Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
a.
Pelatihan
pengolahan kripik bayam
1)
Kondisi cuaca yang tidak bersahabat yang memasuki musim hujan.
2)
Jarak posko dengan lokasi kegiatan yang cukup jauh sehingga terjadi
keterlambatan dalam pelaksanaan kegiatan.
3)
Persiapan alat sebelum kegiatan yang tidak maksimal sehingga ada satu
kesalahan fatal yaitu gas habis.
4)
Pelatihan yang masuk pada kegiatan rutinan sehingga waktu pelatihan lebih sedikit.
b.
Pelatihan
kreasi bunga dari kain flanel
1)
Ibu-ibu
yang usianya sudah tua kurang memperhatikan dengan alasan tidak bisa
mempraktekkannya saat dirumah.
2)
Ibu-ibu
PKK kurang sabar jika mempraktekkannya dirumah.
3)
Terkendala
dengan pembelian alat dan bahan pembuatannya karena jauh dari desa sumanding.
c.
Sosialisasi PLTU
1)
Kurangnya
pemahaman tentang pembangkit listrik
2)
Siswa-siswi masih belum fokus terhadap pemberian
materi tentang pembangkit listrik
3)
Tidak adanya ruang aula untuk menampung seluruh
siswa-siswi, sehingga proses pemberian materi tidak kondusif.
5.
Bidang
Teknologi Tepat Guna
a.
Pelatihan KomputerDasarUprgrade your soft skill.
1) Keterbatasan
waktu sehingga materi yang disampaikan belum bisa maksimal.
2) Keterbatasan
Laptop sehingga waktu pembelajaran jadi lebih lama dari rencana kegiatan.
3) Peserta
yang banyak yang masih perlu pendampingan secara intensif dalam pelaksanaan
praktik.
b.
Pendampingan pelatihan komputer dasar.
1) Keterbatasan
penyampaian materi dan pengolahan bahasa untuk pendampingan praktik.
2) Ketrampilan
mengelola kelas yang kurang mumpuni.
c.
Pelatihan menanam tanpa menyiram.
1) Siswa kurang memperhatikan saat penyampaian
materi
2) Siswa kurang tertib ketika proses praktek
pembelajaran berlangsung
3) Kurang adanya pengawasan guru dari pihak
sekolah
4) Siswa yang banyak dengan koordinator satu
orang
5) Keadaan cuaca hujan
6.
Bidang
Kesehatan dan Lingkungan Hidup
a.
Donor Darah
1) Kurang adanya sosialisasi kepada masyarakat bahwa akan ada donor
darah di desa Sumanding.
2) Beberapa peserta donor yang tidak memenuhi syarat.
3) Waktu pelaksanaan kegiatan donor darah yang relatif singkat karena
terpotong dengan sholat Jum’at.
b.
Pelatihan pembuatan pupuk organik
1) Keterlambatan
kehadiran pemateri yang membuat kegiatan pelatihan tidak sesuai dengan target
waktu yang telah ditentukan.
2) Minimnya
lahan praktik sehingga tidak semua peserta dapat mempraktikkannya satu persatu.
7. Bidang
Dakwah Islamiyah
a. Pelatihan
jurnalistik dasar.
1) Siswa-siswi
kurang memperhatikan penyampaian materi.
2) Siswa-siswi
sulit diatur karena tidak adanya pendampingan dari guru di MA. Matholil Falah.
E.
Cara mengatasi hambatan
1.
Penguatan
Pariwisata Desa
a. Penataan
Wanawisata Buper Sumanding
1)
Mengerjakan apa yang bisa dikerjakan di
posko seperti mengecat tong sampah dan pembuatan papan sehingga dapat segera
dialokasikan dan direalisasikan ketika cuaca sedang bersahabat.
2)
Memaksimalkan segala kesempatan yang ada
untuk segara merealisasikan program.
b.
Sumanding Fun Camping
1) Mensosialisasikan
kembali kegiatan Sumanding Fun Camping sampai menjelang pelaksanaan melalui
social media.
2) Membuat
alternatif acara baru.
c. Gebyar Budaya
1)
Gerak cepat koordinasi dengan
dinas-dinas terkait untuk mensukseskan acara Gebyar Budaya Sumanding.
2)
Memaksimalkan potensi Budaya yang
ditampilkan saat Gebyar Budaya.
d. Pendampingan Penguatan Pariwisata
Desa
1)
Tetap
melaksanakan kegiatan sesuai program dengan kemampuan.
2)
Kegiatan tetap
dilaksanakan sesuai dengan rencana walau peserta hanya sedikit.
3)
Melaksanakan
program dengan fokus kepada satu organisasi pengelola Sumanding Feels.
2.
Bidang
Keagamaan dan Pendidikan
a.
Baca
Tulis Al-Qur’an
1) Koordinator
meneliti setiap jamaah dengan
menanyakan ulang materi yang telah disampaikan.
2) Koordinator melakukan mediasi dan meluruskan kesalah pahaman yang
terjadi.
3) Koordinator meminta bantuan kepada tim
KKN untuk mendampingi ibu-ibu
lansia apabila kesulitan dalam belajar.
b.
Bimbingan
Belajar Kelompok English
For Fun
1) Koordinator
melakukan ice breaking bersama
peserta agar siswa lebih fokus dan siap untuk belajar.
2) Koordinator
menggunakan berbagai macam permainan edukasi agar siswa lebih memperhatikan
materi yang dipelajari.
3) Koordinator
meminta bantuan kepada tim KKN untuk mengawasi siswa-siswi agar lebih tertib
dalam proses pembelajaran.
c.
Pendampingan mengajar Bahasa Inggris Fun Learning English
1) Koordinator
mengadakan ice breakingyang bertujuan
agar siswa lebih memperhatikan dan fokus terhadap materi yang akan disampaikan.
2) Wali
kelas menegur siswa yang tidak tertib dan meminta siswa agar tertib mengikuti
pendampingan belajar.
3) Koordinator
mencari referensi untuk membuat media yang lebih kreatif serta menarik untuk
mendukung proses pembelajaran.
d.
Pendampingan
mengajar TK
1) Koordinator
mengadakan ice breaking yang
bertujuan agar siswa lebih memperhatikan dan fokus terhadap materi yang akan
disampaikan.
2) Tenaga
pendidik menegur siswa yang tidak tertib dan meminta siswa agar tertib
mengikuti pendampingan belajar.
3) Mengatur
waktusesuai jadwal yang telah ditentukan.
4) Koordinator
mencari referensi untuk membuat media yang lebih kreatif serta menarik untuk
mendukung proses pembelajaran.
e.
Khotmil Qur’an
1) Melaksanakan
program kegiatan pada Jam’iyah yang sudah terbentuk sehingga waktu lebih
fleksibel.
2) Mengikuti
kegiatan dan jadwal masyarakat.
3.
Bidang
Sosial, Budaya, Hukum dan Pemerintahan
a.
Penyuluhan dampak negatif pernikahan dini
1)
Narasumber
serta panitia mengkondusifkan para siswa-siswi untuk mendengarkan serta
menyimak materi yang disampaikan narasumber.
2)
Narasumber
serta panitia koordinator mengajak para siswa-siswi untuk aktif bertanya
tentang materi atau apapun yang menjadi uneg-uneg yang berkaitan dengan materi
yang disampaikan.
4.
Bidang
Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Wirausaha
a.
Pelatihan
pengolahan kripik bayam
1)
Tetap melaksanakan kegiatan meskipun cuaca kurang bersahabat.
2)
Jarak posko dan lokasi pelatihan yang cukup jauh bisa ditempuh dengan
sepeda motor.
3)
Mengambil di posko karena pasokan gas ditoko-toko telah habis dan ini
cukup memakan waktu mengingat jarak posko yang lumayan jauh.
4)
Memaksimalkan waktu dan kesempatan yang ada.
b.
Pelatihan
kreasi bunga dari kain flanel
1)
Dengan
memberi arahan dan pengertian kepada para orang yang sudah tua agar
memperhatikan saat tim KKN memberi pelatihan.
2)
Jika
kita ingin hasil yang lebih bagus maka harus sabar saat mengerjakannya.
3)
Jika
bepergian keluar desa sumanding bisa meluangkan waktu untuk membeli bahan-bahan
tersebut,misalnya di Bangsri.
c.
Sosialisasi PLTU
1) Menayangkan sebuah
video profil perusahaan dan proses pembangkit listrik, sehingga siswa-siswi
lebih memperhatikan pemateri
2) Memberikan
permainan disela-sela siswa-siswi mulai bosan, agar minat siswa-siswi kembali
untuk mendengarkan pemateri.
3) Memberikan motifasi
agar siswa-siswi tergugah untuk serius dalam pembelajaran.
4) Memanfaatkan sarana dan prasana yang ada
serta meminjam perlengkapan yang diperlukan pada pihak sekolah berupa
proyektor.
5) Memberikan arahan
yang baik dan tidak memberatkan pada pemikiran siswa-siswi.
5.
Bidang
Teknologi Tepat Guna
a.
Pelatihan KomputerDasarUprgrade your soft skill.
1) Memaksimalkan
waktu dan memangkas materi sesuai kebutuhan siswa.
2) Memaksimalkan
Laptop yang ada dengan praktik bergantian satu-persatu tiap kelompoknya.
3) Penambahan
Tutor pelatihan dengan mahasiswa KKN diluar koordinator kegiatan.
b.
Pendampingan pelatihan komputer dasar.
1) Pengolahan
materi dan penyampaian dibantu dengan mahasiswa KKN yang notabennya adalah
Jurusan dari Fakultas Tarbiyah.
2) Membuat
ice breaking dan game untuk mengembalikan kosentrasi peserta didik.
c.
Pelatihan menanam tanpa menyiram.
1) Koordinator memberikan sedikit permainan untuk
menarik perhatian anak untuk bisa fokus pada materi sebelum ke praktek
2) Koordinator meminta bantuan teman yang lain
untuk bisa mengawasi anak yang ikut praktek dan ikut berpatisipasi dalam
praktrek
3) Siswa ditegur pihak sekolah ( guru )
4) Praktek mengecat dilakukan di dalam kelas
dengan meja di alasi koran bekas agar tidak mengotori ruang kelas
5) Praktek menanam dilakukan di teras madrasah
dikarenakan jika di lakukan di dalam kelas akan mengotori karena menggunakan
media tanah.
6.
Bidang
Kesehatan dan Lingkungan Hidup
a.
Donor Darah
1)
Koordinator mensosialisasikan
kembali kegiatan donor darah di masjid-masjid desa.
2)
Mencari peserta
donor lainnya yang telah memenuhi syarat sebagai pendonor.
3)
Mengevaluasi
kegiatan ini untuk bisa direalisasikan secara rutin oleh masyarakat desa
Sumanding.
b.
Pelatihan pembuatan pupuk organik
1) Penyesuai
jadwal dengan koordinasi bersama pemateri untuk melaksanakan kegiatan sesuai
kebutuhan peserta.
2) Memaksimalkan
lahan yang ada dengan mempraktikan satu proses pembuatan dan audien dapat
melihat proses praktiknya.
7. Bidang
Dakwah Islamiyah
a. Pelatihan
jurnalistik dasar.
1) Koordinator
melakukan ice breaking bersama
peserta agar siswa-siswi lebih fokus dan siap untuk menerima materi lagi.
2) Koordinator
meminta bantuan kepada tim KKN untuk mengawasi siswa-siswi agar lebih tertib
dalam proses pelatihan.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNISNU Jepara
Tahun Akademik 2017/2018 di
Desa Sumanding
Kecamatan Kembang Kabupaten
Jepara
telah selesai sesuai jadwal yang ditentukan. Namun perlu di evaluasi bersama
bahwa dalam waktu pelaksanaan KKN selama 40 hari di Desa Sumanding, TIM KKN telah
memberikan beberapa terobosan baik di bidang penguatan pariwisata, penguatan
keagamaan dan pendidikan, sosial, budaya, hukum dan pemerintahan, ekonomi
kerakyatan dan pengembangan wirausaha, penggunaan teknologi tepat guna, serta
kesehatan dan lingkungan hidup.
Dari
berbagai bidang yang dibidik, KKN UNISNU Jepara Desa Sumanding telah memberikan
sumbangsih yang bersifat non-fisik. Sesuai dengan tema KKN UNISNU Jepara yakni
“Penguatan Potensi Pariwisata Guna Meningkatkan Daya Saing Daerah Berbasis
Unggulan Desa”. TIM KKN UNISNU Jepara Desa Sumanding telah melihat dan berupaya
meningkatkan potensi yang ada di Desa Sumanding, diantaranya di bidang
Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Wisata, Kepemudaan dan Olahraga,
Perindustrian, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Pertanian dan Budaya. Namun,
dengan waktu pelaksanaan KKN yang hanya 40 hari, sehingga membuat upaya kami
untuk meningkatkan potensi desa yang ada belum bisa maksimal.
B. Rekomendasi
Berdasarkan
pelaksanaan KKN UNISNU di Desa Sumanding TA. 2017/2018, masih banyak potensi
desa yang belum dimaksimalkan karena keterbatasan waktu KKN. Sehingga
harapannya waktu pelaksanaan KKN bisa lebih panjang agar dalam upaya peningkatan
potensi desa bisa maksimal.
Dalam melaksanakan KKN yang semacam ini diperlukan
adanya koordinasi dan musyawarah baik antara mahasiswa dengan Dosen Pembimbing
Lapangan (DPL) serta masyarakat yang bersangkutan untuk dapat saling memberi informasi agar tidak terjadi kesalah pahaman dan kegiatan KKN
dapat berjalan dengan sukses dan berhasil secara maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar